KBRI-Tokyo Mendorong Penguatan Kerja Sama dengan Sapporo

Duta Besar Republik Indonesia untuk Jepang Heri Akhmadi melakukan kunjungan ke Sappporo, Hokkaido dalam rangka kegiatan promosi terpadu Indonesia Friendship Day (IFD) pada 17 – 18 Juni 2022. (Foto: KBRI Tokyo)

KBRN, Jakarta: Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Tokyo mendorong penguatan kerja sama di bidang ketenagakerjaan, pendidikan, dan riset antara Indonesia dan kota Sapporo.

Hal itu dilakukan Duta Besar Republik Indonesia untuk Jepang Heri Akhmadi saat bertemu Walikota Sapporo Katsuhiro Akimoto.

“Kami mendorong agar pengusaha di Sapporo dan Hokkaido dapat merekrut SDM terampil dari Indonesia untuk bekerja di sektor careworkers, pertanian, konstruksi, hospitality, manufaktur makanan dan minuman. Ini dapat dilakukan melalui skema penempatan pekerja berketerampilan khusus (Specified Skilled Workers),” terang Dubes Heri yang didampingi Ibu Nuning Akhmadi, Sekretaris Pertama Fungsi Politik Yanuar Ardhitya Pribadi, Atase Perdagangan Arief Wibisono dan Atase Keuangan Sonny Surachman Ramli dalam siaran pers KBRI Tokyo yang diterima RRI.co.id, Selasa (21/6/2022).

Hal lain, kata Heri, adalah penjajakan kerja sama pendidikan, riset, atau lainnya. Khususnya dengan mengoptimalkan keberadaan dan peran Hokkaido Bio-Technology Industrial Cluster Farm

Kepada Dubes Heri, Walikota Sapporo Katsuhiro Akimoto mengatakan bahwa di Kota Sapporo banyak terdapat pelajar dan pekerja asal Indonesia.

“Ke depannya kami siap berupaya untuk menyediakan lapangan pekerjaan, baik di sektor kesehatan, manufaktur, industri maupun sektor jasa,” ujar Katsuhiro Akimoto.

Diketahui,  kunjungan ke Sappporo, Hokkaido yang dilakukan Dubes Heri dalam rangka kegiatan promosi terpadu Indonesia Friendship Day (IFD) pada 17 – 18 Juni 2022.

Dalam kunjungan itu, Dubes Heri memberikan kuliah umum di Universitas Hokkaido dengan topik Presidensi Indonesia di G20, Dubes Heri Akhmadi menyoroti besarnya kesenjangan antara negara maju dan berkembang, khususnya dalam upaya penanggulangan pandemi. Hal ini menjadi salah satu faktor yang mendorong Indonesia untuk mengedepankan Arsitektur Kesehatan Global sebagai salah satu isu prioritas.

Dalam rangkaian kegiatan IFD di Sapporo ini, Fungsi Protokol Konsuler dan Atase Imigrasi KBRI Tokyo melakukan pelayanan bagi WNI di Sapporo dan sekitarnya. WNI yang hadir melakukan pelayanan penerbitan paspor baru dan perpanjangan paspor. Mereka juga mendapatkan pelayanan berupa konsultasi pernikahan, pembuatan Surat Keterangan Lahir, legalisasi dan lapor diri di Portal Peduli WNI.

Pada Januari 2022, KBRI Tokyo meluncurkan program Indonesia Friendship Day. Ini adalah program promosi TTI dan pelayanan publik terpadu di 11 kota di Jepang, yaitu Osaka, Nagoya, Fukuoka, Sapporo, Sendai, Mito, Yokohama, Okinawa, Kesennuma, Kumamoto, dan Shizuoka.

Tahun 2023, program IFD akan berlanjut dan diperluas melalui kerja sama lebih erat dengan kelompok diaspora dan friends of Indonesia. Termasuk di antaranya melalui penyelenggaraan Indonesia Japan Friendship Festival 2023.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar