Wapres Dorong Kerja Sama dengan Bosnia-Herzegovina

Wakil Preside Ma

KBRN, Jakarta : Wakil Presiden Ma’ruf Amin mendorong Indonesia dan Bosnia-Herzegovina dapat meningkatkan kerja sama pada berbagai sektor industri secara konkret. 

“Kedua negara punya hubungan yang kuat, tapi perlu diperkuat dengan kerja sama yang konkret,” ujar Wapres saat menerima Menteri Luar Negeri Bosnia-Herzegovina, Bisera Turković, di kediaman resmi Wapres, Senin (13/06/2022). 

Wapres menekankan, perlunya kerja sama people to people contact (hubungan antar masyarakat). Hal ini disambut positif oleh Menlu Turković, dengan rencana pertukaran pelajar serta dialog antaragama.

“Saya sepenuhnya setuju untuk menguatkan hubungan bilateral, untuk memillki lebih banyak kontak antar warga. Kami memikirkan mengenai pertukaran pelajar. Juga mengenai dialog antaragama,” ujar Bisera Turkovic. 

Lebih lanjut, Wapres dan Menlu Turković berbincang tentang keragaman agama di kedua negara. Penduduk Bosnia-Herzegovina 50% memeluk agama Islam, 30% ortodoks, 17% Katolik Roma. 

Di sisi lain, Menlu Turkovic tertarik untuk mengembangkan kerja sama dengan Indonesia di sektor industri. 

“Kami juga tertarik, sekiranya Indonesia dapat membuka produksi mie sehingga dapat menolong pabrik yang sudah ada di Serbia. Mie memiliki pasar di Bosnia dan kawasan Barat Balkan,” kata Turkovic.

Kerja sama Indonesia dan Bosnia-Herzegovina telah terjalin selama lebih dari 30 tahun, sejak negara ini memisahkan diri dari Yugoslavia tahun 1992. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar