Muhadjir: GPDRR Langkah Indonesia Lepas dari Pandemi

Menteri Koordinator Pemberdayaan bidang Manusia, Kebudayaan dan Kebudayaan (Menko PMK)Muhadjir Effendy (kiri), bersama Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letnan Jenderal (Letjen) Tentara Nasional Indonesia (TNI) Suharyanto (kanan), saat konferensi pers usai acara pembukaan GPDRR 2022 di Bali Nusa Dua Convention Center, Rabu (25/5/2022). (Foto: Alfreds Tuter/RRI)

KBRN, Jakarta: Menteri Koordinator Pemberdayaan bidang Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengatakan,  pertemuan ke-7 Platform Global untuk Pengurangan Resiko Bencana (GPDRR) 2022 di Bali, merupakan salah satu langkah Indonesia terlepas dari pandemi.

Muhadjir mengungkapkan, GPDRR merupakan bagian dari pesan bahwa Indonesia telah melampaui dua tahap uji coba pelonggaran aktivitas setelah kasus Covid-19 terkendali. Mengingat ada tujuh ribu lebih orang yang berasal dari 193 negara terlibat di dalamnya.

"Sekaligus menjadi yang pertama sejak pandemi covid-19. tadi bapak presiden udah menyampaikan pesan kepada saya bahwa indonesia sudah melampaui dua tahap uji coba," kata Muhadjir Effendy usai acara pembukaan GPDRR 2022 di Bali Nusa Dua Convention Center, Rabu (25/5/2022).

Muhadjir menjelaskan, uji coba tahap awal dilakukan pemerintah di taraf nasional. Yakni pelonggaran aktivitas pada mudik di momentum Libur Lebaran 2022 lalu. 

Sementara, GPDRR 2022 ini menjadi uji coba tahap kedua pelonggaran di taraf internasional.

Sehingga, kata Muhadjir, melalui pelaksanaannya diharapkan membawa pesan pada dunia saat ini Indonesia telah relatif lebih aman dari penyebaran kasus Covid-19.

"Jadi secara nasional itu ditandai dengan dibukanya mudik Idul Fitri dan GPDRR ini adalah penanda kedua bahwa secara Internasional Indonesia sudah relatif aman. Terutama dalam kaitannya dengan pandemi Covid-19," jelas Muhadjir.

Sebagai informasi, GPDRR ini merupakan forum internasional untuk melakukan pembahasan dan diskusi terkait langkah antisipasi, pengurangan risiko, dan solusi untuk menangani bencana dalam skala dunia. Forum ini digelar tiap 3 tahun sekali ini oleh PBB.

Adapun Indonesia menjadi tuan rumah dalam pelaksanaannya yang ke 7 kalinya. GPDRR berlangsung di Bali pada 23-28 Mei 2022 dan dihadiri lebih dari 7.000 peserta secara online dan offline dari 193 negara.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga sudah secara resmi membuka langsung pelaksanaannya pada hari ini.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar