Kronologi Penembakan Massal di SD Robb Texas

Petugas berkumpul di luar Robb Elementary School setelah penembakan, Selasa, 24 Mei 2022, di Uvalde, Texas. (Foto: AP Photo/Dario Lopez-Mills)

KBRN, Jakarta: Peristiwa penembakan kembali terjadi di Texas, kali ini terjadi di sebuah Sekolah Dasar (SD) Robb Elementary School, Uvalde, pada Selasa (24/5/2022) siang waktu setempat, dalam kronologi dilaporkan jika pelaku diduga beraksi sendirian dan menembak neneknya sendiri.

Melansir dari Reuters dan AFP Rabu (25/5/2022), pelaku yang bernama Salvador Ramos merupakan remaja berusia 18 tahun. Pada saat kejadian pelaku dilaporkan tewas di tempat kejadian setelah melawan petugas kepolisian. 

Ramos sendiri juga merupakan siswa di SMA Uvalde dan merupakan warga Amerika Serikat. Ia juga diyakini membawa senjata tangan dan senapan dalam menjalankan aksinya.

"Pelaku datang menggunakan kendaraan, diyakini bahwa ia meninggalkan kendaraannya dan masuk ke Sekolah Dasar Robb di Uvalde dengan pistol dan dia mungkin juga membawa senapan, tetapi itu belum dikonfirmasi menurut laporan terbaru saya," kata Gubernur Texas, Greg Abbott, dikutip AFP.

Berdasarkan penyelidikan awal, kepolisian juga menemukan pelaku telah menembak neneknya hingga tewas di rumahnya sebelum pergi ke SD Robb dan melancarkan aksinya.

"Namun, saya belum memiliki informasi lebih lanjut terkait hubungan dari dua penembakan ini. Pelaku dilaporkan siswa di SMA Uvalde dan merupakan warga AS," ujar Abbott.

Tidak hanya itu, dua petugas keamanan yang mengejar pelaku juga ikut tertembak peluru, namun tidak dalam kondisi luka yang serius. Bahkan, motif penembakan massal tersebut hingga sampai saat ini belum terungkap.

Sementara, sejumlah video yang diambil saksi mata di tempat kejadian memperlihatkan banyak petugas bersenjata mengamankan SD Robb tidak lama setelah penembakan terjadi.

Untuk diketahui, Insiden di Robb Elementary School ini merupakan penembakan ke-30 yang terjadi di sekolah publik Amerika Serikat selama 2022. Sejak awal 2022, ada 38 penembakan di sekolah publik AS dan universitas yang menyebabkan setidaknya 10 orang meninggal dunia dan 51 orang terluka.

Penembakan di SD Robb merupakan yang paling mematikan sejak penembakan di Marjory Stoneman Douglas High School (SMA) di Parkland, Florida, pada Februari 2018 lalu. Insiden itu menewaskan 17 orang terdiri dari siswa dan tenaga pendidik.

Pada Desember 2012, seorang pria bersenjata membantai 26 orang, termasuk 20 anak-anak berusia lima hingga 10 tahun di SD Sandy Hook di Connecticut.

Dan di tahun 2022 ini, penembakan di SD Robb ini menewaskan 18 murid dan 3 orang dewasa. Saat ini, sejumlah rumah sakit di sekitar SD Robb juga masih menangani sejumlah korban penembakan lainnya yang terluka.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar