Korea Utara Akui Sudah Menguji Dua Rudalnya

(KCNA lewat Reuters)

KBRN, Pyongyang: Korea Utara pada hari Jumat (28/1/2022) membenarkan melakukan uji senjata minggu ini yang melibatkan rudal jelajah jarak jauh dan rudal taktis darat-ke-darat, dan berjanji untuk "terus mengembangkan hulu ledak yang kuat."

Pada hari Kamis, militer Korea Selatan mengatakan Korea Utara menembakkan dua rudal balistik jarak pendek ke arah Laut Timur, yang menjadi peluncuran keenamnya bulan ini. Peluncuran terbaru ini datang berselang dua hari setelah Pyongyang meluncurkan dua rudal jelajah dari daerah pedalaman.

“Akademi Ilmu Pertahanan Republik Demokratik Rakyat Korea melakukan uji tembak untuk memperbarui sistem rudal jelajah jarak jauh dan uji tembak untuk mengonfirmasi kekuatan hulu ledak konvensional untuk rudal taktis darat-ke-darat masing-masing pada hari Selasa dan Kamis," kata Kantor Berita Pusat Korea (KCNA), seperti dikutip dari Yonhap News Agency, Jumat.

Kim tidak menghadiri uji coba ini, tetapi saat berkunjung ke pabrik amunisi, dia memuji "kemajuan yang melonjak dalam memproduksi senjata utama" untuk mengimplementasikan keputusan Partai Buruh yang berkuasa yang dibuat pada pertemuan bulan lalu, dalam laporan terpisah.

“Pabrik ini memegang posisi dan tugas yang sangat penting dalam memodernisasi angkatan bersenjata negara dan mewujudkan strategi pembangunan pertahanan nasional,” kata Kim, seperti dikutip dari Reuters, Jumat.

KCNA tidak merinci senjata atau lokasi pabrik. Kim menyerukan penguatan pertahanan nasional untuk mengatasi situasi internasional yang tidak stabil pada pertemuan partai itu.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar