Truk Tambang Meledak, 10 Orang Tewas

Foto: Ledakan dahsyat mengguncang Ghana, Kamis (20/1/2202), bersumber dari truk pengangkut bahan peledak yang mengalami kecelakaan. Kuatnya ledakan menyebabkan sejumlah orang tewas dan ratusan bangunan hancur.

KBRN, Jakarta: Ledakan dahsyat mengguncang Ghana, Kamis (20/1/2202), bersumber dari truk pengangkut bahan peledak yang mengalami kecelakaan. Kuatnya ledakan menyebabkan sejumlah orang tewas dan ratusan bangunan hancur.

Peristiwa tersebut terjadi di perdesaan Wilayah Barat Ghana, tepatnya di Apiate antara Kota Bogoso dan Bawdie, saat truk yang hendak menuju tambang emas bertabrakan dengan sepeda motor.

Wakil Direktur Jenderal Organisasi Nasional Penanggulangan Bencana Seji Saji Amedonu mengatakan, sekitar 500 bangunan hancur akibat ledakan. Sementara itu pejabat badan penanggulangan bencana daerah menyebutkan, sedikitnya 10 mayat ditemukan.

Kepolisian setempat juga mendesak warga sekitar untuk mengungsi demi menghindari ledakan susulan yang masih bisa terjdi.

"Masyarakat diminta pindah ke kota-kota terdekat demi keselamatan mereka sementara upaya pemulihan berlangsung," demikian pernyataan kepolisian, dikutip dari Reuters, Jumat (21/1/2022).

Video yang beredar di media sosial menunjukkan, bangunan berubah menjadi tumpukan kayu, batu bata, dan besi-besi. Tayangan lain menunjukkan mayat tergeletak di jalanan dan tertutup debu. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar