Angkatan Laut ASEAN-Rusia Sukses Latihan Bersama

Pada 1-3 Desember 2021, telah berlangsung untuk pertama kali, Latihan Angkatan Laut ASEAN-Rusia atau disebut ARNEX, di Selat Malaka. Kegiatan itu menjadi peristiwa penting dalam rangka penguatan kemitraan strategis antara Rusia dan ASEAN yang dicanangkan pada November 2018 lalu. Kapal Angkatan Laut dari Rusia, Indonesia, Brunei, Vietnam, Malaysia, Myanmar, Singapura, dan Thailand turut serta dalam acara tersebut.(Dok. Misi Rusia untuk ASEAN)

KBRN, Jakarta: Pada 1-3 Desember 2021, telah berlangsung untuk pertama kali, Latihan Angkatan Laut ASEAN-Rusia atau disebut ARNEX, di Selat Malaka.

Hal itu menjadi peristiwa penting dalam rangka penguatan kemitraan strategis antara Rusia dan ASEAN yang dicanangkan pada November 2018 lalu.

Kapal Angkatan Laut dari Rusia, Indonesia, Brunei, Vietnam, Malaysia, Myanmar, Singapura, dan Thailand turut serta dalam acara tersebut.

Latihan Angkatan Laut ASEAN-Rusia atau disebut ARNEX, di Selat Malaka. (Dok. Misi Rusia untuk ASEAN)

Kamboja, Laos dan Filipina mengirimkan pengamatnya, atase pertahanan yang terakreditasi di Jakarta.

Kapal Armada Pasifik "Admiral Panteleyev" mengambil bagian dalam latihan dari Sisi Rusia.

“Tujuan dari pelatihan itu murni damai. Para pihak bekerja pada peningkatan interaksi armada untuk memastikan keselamatan kegiatan maritim dan ekonomi serta pelayaran sipil, kerja sama di bidang komunikasi, manuver, pencarian dan penyelamatan di laut, inspeksi kapal,” demikian bunyi keterangan resmi Kedutaan Besar Rusia di Jakarta, yang dikutip RRI.co.id, Senin (06/12/2021).

“Kami mengapresiasi kontribusi khusus Indonesia dalam menyelenggarakan latihan yang semula dijadwalkan pada tahun 2020 tetapi ditunda karena pandemi COVID-19,” tambah pernyataan itu.

Latihan Angkatan Laut ASEAN-Rusia atau disebut ARNEX, di Selat Malaka. (Dok. Misi Rusia untuk ASEAN)

Para pihak menyatakan minatnya untuk melanjutkan pelatihan seperrti itu secara teratur di masa mendatang.

Pada Jumat (03/12/2021) awak kapal “Admiral Panteleyev” mengunjungi Provinsi Aceh, untuk mengadakan upacara peringatan di pemakaman Sabang (pulau Weh) di makam Sergey Khokhlov.

Sergey Khokhlov merupakan seorang pelaut Rusia yang meninggal dalam kecelakaan fatal pada tanggal 27 Februari 1901, selama perjalanan skuadron kapal Kekaisaran Rusia dari Kronstadt ke Samudra Pasifik. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar