Konsumsi Daging Penyu, Tujuh Orang di-Tanzania Keracunan

Ilustrasi (foto: istimewa)

KBRN, Jakarta: Akibat mengkonsumsi daging penyu, tujuh orang, termasuk seorang anak berusia tiga tahun, di Pulau Pemba, Tanzania, keracunan.

Diantara tujuh orang tersebut, tiga orang lainnya masih dirawat di rumah sakit dan berada dalam kondisi yang stabil. Sementara empat diantaranya meninggal dunia.

"Seorang anak berusia tiga tahun menjadi korban pertama yang meninggal dunia, kemudian dua orang meninggal pada malam harinya, dan empat orang lainnya meninggal pada Minggu," kata Kepala Kepolisian setempat, Juma Said Hamis dikutip BBC, Sabtu (4/12/2021).

Selain itu, diketahui jika sejumlah keluarga di wilayah tersebut memang telah mengkonsumsi daging penyu seminggu sebelumnya. Efek memakan daging penyu itu baru dirasakan keesokan harinya.

"Setidaknya lima keluarga di Pemba, yang merupakan bagian dari wilayah pulau semi-otonom Zanzibar, mengkonsumsi daging penyu pada Kamis lalu," jelasnya.

Dari kejadian itu, sebanyak 38 orang dirawat di rumah sakit, tetapi sebagian besar sudah diizinkan pulang.

Melalui akun Twitter-nya, Presiden Zanzibar Hussein Mwinyi menyampaikan belasungkawa kepada keluarga yang terdampak peristiwa ini.

Hingga saat ini belum diketahui penyebab pasti mengapa daging penyu beracun, namun badan amal Turtle Foundation menduga hal itu berkaitan dengan ganggang beracun yang dimakan oleh penyu.

Pada Maret lalu, 19 orang termasuk sembilan anak-anak di Madagaskar meninggal dunia setelah memakan daging penyu, menurut laporan Kantor Berita AFP saat itu.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar