Sejumlah Produk GDI Dipamerkan Expo 2020 Dubai

Sejumlah produk GDI Dipamerkan di Paviliun Indonesia pada Perhelatan Expo 2020 Dubai (Dok. Paviliun Indonesia)
Sejumlah produk GDI Dipamerkan di Paviliun Indonesia pada Perhelatan Expo 2020 Dubai (Dok. Paviliun Indonesia)

KBRN, Jakarta: Memasuki minggu ke-9 perhelatan Expo 2020 Dubai, Paviliun Indonesia semakin banyak memperkenalkan produk Indonesia yang berasal dari penganugerahan Good Design Indonesia (GDI).

Terdapat 16 produk dari para pemenang GDI yang akan dipamerkan, mulai dari produk dekorasi yang terbuat dari bambu, perlengkapan alat tulis, dan produk fashion seperti tas, sepatu, jam tangan yang berasal dari kayu eboni, serta masker elektrik transparan yang sukses menarik perhatian pengunjung.

Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan, Didi Sumedi, mengatakan, perhelatan Expo 2020 Dubai membuka kesempatan bagi para pelaku bisnis Indonesia menampilkan aneka produk lokal yang berkualitas dan siap ekspor.

"Meskipun produk Indonesia cukup berkualitas, masih ada beberapa hal yang harus dibenahi. Salah satunya adalah dari sisi desain produk dan kemasan," kata Didi dalam keterangannya, Senin (29/11/2021).

"Penganugerahan GDI hadir untuk meningkatkan kualitas desain produk yang nantinya berpengaruh pada kualitas produk lokal untuk diekspor," tambahnya.

Didi menjelaskan, GDI merupakan wujud komitmen Kemendag untuk melakukan terobosan yang inovatif dari segi pengembangan desain, kemasan, dan prodik-produk dari berbagai pelaku bisnis Indonesia guna memicu pelaku usaha mengembangan produknya. Dorongan yang diberikan berupa peningkatan nilai komersial produk hingga memperluas peluang ekspor.

Didi menambahkan, Kemendag telah menggelar GDI sebanyak lima kali sejak tahun 2017. Tujuannya, untuk membuka pintu para pelaku bisnis agar lebih mengasah kreativitas dari segi desain produk.

"Hal ini juga sekaligus membuka kesempatan untuk produk lokal yang unik untuk go internasional sehingga tidak kalah saing dengan produk luar negeri lainnya. Berbagai produk lokal Indonesia yang ditampilkan dalam Paviliun Indonesia juga merupakan produk desain yang menarik serta merupakan produk berkualitas tinggi dan bermanfaat untuk penggunaannya," ungkapnya.

Sebagai informasi, GDI adalah ajang penganugerahan desain terbaik berskala nasional bagi desainer dan pelaku bisnis termasuk untuk para pelaku bisnis Indonesia yang terkoneksi dengan G-Mark Jepang agar dapat menuju pasar global.

Melalui penganugerahan ini, Kemendag memberi kesempatan bagi para pelaku bisnis untuk melakukan pameran melalui forum bisnis dan penjajakan bisnis di luar negeri.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar