Pendiri Label Off-White Virgil Abloh Berpulang 

Foto: ist

KBRN, Jakarta: Desainer ternama asal Amerika Serikat, Virgil Abloh, meninggal dunia pada usia 41 karena kanker.

Pria yang merupakan pendiri Off-White dan juga direktur artistik untuk koleksi pria Louis Vuitton itu disebutkan telah bertahun-tahun berjuang melawan kanker.

"Kami semua terkejut atas kabar buruk ini. Virgil bukan hanya seorang desainer yang jenius, visioner, tetapi juga seorang pria dengan jiwa yang indah dan kebijaksanaan yang besar," ujar Kepala Eksekutif LVMH Bernard Arnault dalam pernyataannya seperti mengutip AFP, Senin (29/11/2021).

Abloh adalah pria kulit hitam pertama yang menjadi salah satu unsur pimpinan kreatif di lini busana top asal Prancis tersebut. 

Abloh mampu membawa busana jalanan seperti hoodies dan sneaker ke atas panggung catwalk dunia. Abloh dipilih menjadi direktur artistik koleksi pria LV ada 2018 silam.

Abloh, yang lahir dari keluarga imigran Ghana di Amerika Serikat, membangun label streetwear Off-White di mana 60 persen sahamnya dikuasai LVMH. 

Selama bekerja dengan LV, Abloh pun mengusung misi pribadi untuk memperkenalkan isu sosial dan lingkungan ke atas panggung busana. Salah satunya adalah pesan antirasialisme dan antihomofobia yang ia sematkan saat pertunjukan mode di Paris pada Januari lalu.

Pada awal tahun ini, dia memang pernah menyatakan kemitraannya dengan LVMH menjadi peluang untuk, memperluas peluang bagi individu-individu yang beragam dan mendorong kesetaraan serta inklusi yang lebih besar di dalam industri busana.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar