Pria India Bangun Replika Taj Mahal

Foto: ist

KBRN, Jakarta: Seorang pria India membuat bangunan versi replika atau KW monumen Taj Mahal untuk istri tercinta.

Mengutip AFP, Minggu (28/11/2021), sang istri bahkan ikut terlibat dan memandu proses pembuatan Taj Mahal KW yang terletak di Burhanpur, Madhya Pradesh tersebut.

"Istri saya hanya menginginkan ruang meditasi. Dia adalah wanita spiritual," ujar Anand, berusia 52.

Menurut Anand, replika Taj Mahal itu menghadirkan suasana berbeda dengan energi positif.

Ukuran Taj Mahal KW itu hanya sepertiga ukuran aslinya.

Lokasi replika Taj Mahal itu merupakan lokasi dimana Mumtaz Mahal meninggal saat melahirkan anak keempatbelasnya. Namun, saat itu kontur tanah tak memungkinkan Shah Jahan untuk membangun Taj Mahal di lokasi tersebut.

"Struktur tanah saat itu tak memungkinkan untuk membangun Taj Mahal di sini, itulah mengapa mereka membangunnya di Agra," tutur Anand.

Walau begitu, Burhanpur menyimpan peninggalan bersejarah berupa tempat pemandian yang dahulu dibangun oleh Shah Jahan untuk istrinya mandi. 

Ia diketahui membangun monumen untuk sang istri selama tiga tahun. Ongkosnya pun tak sedikit, mencapai 15 juta rupee atau setara dengan 2,9 Miliar rupiah.

"Kami menggunakan marmer dari Makrana untuk membangun rumah itu, bahan yang sama untuk membangun Taj Mahal," ujarnya.

Anand juga berencana meletakkan bendera India di atas kubah utama serta simbol agama paling populer India di empat menara sekitarnya.

"Kami ingin mengirimkan pesan damai dan harmoni dalam beragama. Ada banyak kebencian di sekitar kita. Padahal cinta menyelesaikan semua masalah di dalam hidup, dan Taj Mahal adalah simbol tersebut," pungkasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar