Transisi Energi, Prancis Komitmen 500 Juta Euro 

Menteri Luar Negeri Prancis, Le Drian, menyatakan, mendukung 500 juta euro untuk proyek transisi energi di Indonesia. Le Drian juga menyebut Prancis akan bekerja sama pada bidang-bidang lain seperti transfer teknologi, budaya, pengetahuan, dan universitas. (Dok. Kemlu RI)

KBRN, Jakarta: Menteri Luar Negeri Republik Indonesia, Retno Marsudi, menyampaikan apresiasinya terhadap komitmen Prancis yang mendukung pendanaan bagi proyek transisi energi sebesar 500 juta Euro. 

Komitmen tersebut ditandatangani pada hari ini, Rabu (24/11), antara Kementerian Koordinator Bidang Maritim dan Investasi, PT PLN, dan Agen Pembangunan Prancis (AFD). 

"Kami mendukung 500 juta euro untuk proyek transisi energi di Indonesia," ujar Menteri Luar Negeri Prancis, Le Drian, dalam konferensi pers yang berlangsung secara daring, seperti dikutip RRI.co.id, Rabu (24/11/2021). 

Le Drian juga menyebut Prancis akan bekerja sama pada bidang-bidang lain seperti transfer teknologi, budaya, pengetahuan, dan universitas.

Le Drian lantas turut menawarkan beasiswa bagi siswa Indonesia untuk belajar ke Prancis.

Kedua negara sepakat membahas transisi energi lantaran hal itu merupakan salah satu prioritas presidensi G20 Indonesia yang akan dibahas tahun depan. 

Menyoal energi, Menlu Retno mengatakan, keduanya membahas bagaimana percepatan kolaborasi dapat tercipta untuk mempercepat transisi energi.

“Transisi energi bukan merupakan opsi tapi merupakan sebuah keniscayaan. Karena itu kolaborasi diperlukan untuk mendukung proses transisi tersebut,” ujar Retno. (Miechell Octovy Koagouw)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00