Turki Menentukan Pengubahan Nama Jalan di Menteng

Salah satu ruas jalan di kawasan Menteng, Jakarta Pusat (Dok. Istimewa)

KBRN, Jakarta: Duta Besar RI untuk Turki Lalu Muhammad Iqbal memberikan tanggapan, terkait wacana pengubahan salah satu ruas jalan di Kawasan Menteng, Jakarta Pusat, dengan nama pendiri sekaligus presiden pertama Republik Turki Mustafa Kemal Atatürk.

Iqbal menyebut wacana pengubahan jalan itu merupakan tata krama diplomatik, setelah pemberian nama Presiden Soekarno telah dilakukan di salah satu jalan di Turki.

“Sesuai tata krama diplomatik, kita akan memberikan nama jalan di Jakarta dengan nama jalan Bapak Bangsa Turki,” ungkap Iqbal dalam keterangan resmi kepada wartawan yang dikutip RRI.co.id, Minggu (17/10/2021).

Dikatakan sebelumnya, Pemerintah Turki telah memberikan nama jalan di Turki dengan nama Presiden Soekarno.

“Sebagai simbol kedekatan kedua bangsa yang sudah dimulai sejak abad ke – 15, Pemerintah Turki setuju memenuhi permintaan Indonesia  untuk  memberikan nama jalan di depan Kedutaan Besar RI (KBRI) Ankara dengan nama Bapak Proklamasi kita, Ahmet Sukarno (nama yang dikenal di Turki),” papar Iqbal.

BACA JUGA: Riza Benarkan Pengubahan Nama Jalan di Menteng

Menurut Iqbal, pemberian nama di salah satu ruas jalan di Kawasan Menteng akan ditentukan oleh Pemerintah Turki.

“Yang akan menentukan nama jalannya bukan Pemerintah Indonesia dan juga bukan Pemda DKI. Pemerintah Turki yang akan menentukan nama jalan tersebut nanti. Kita masih menunggu usulan resmi  nama jalan tersebut. Apapun nama jalan itu nanti, pasti itu mewakili harapan pemimpin dan rakyat Turki,” terang Lalu Muhammad Iqbal.

Sebelumnya, wacana pengubahan nama jalan di salah satu ruas jalan di Kawasan Menteng, Jakarta Pusat, dibenarkan oleh Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria.

Menurut Riza, pemerintah Indonesia dengan Turki saling bertukar nama tokoh untuk dijadikan nama jalan.

“Memang ada keinginan dari kita dan Pemerintah Turki. Agar ada nama dari kita di Turki dan nama tokoh dari Turki (di Indonesia),” ungkap Wagub DKI Jakarta saat ditemui RRI.co.id di Jakarta, Minggu (17/10/2021).

Namun, Wagub DKI masih belum mau menyebutkan secara pasti jalan yang berada di kawasan Menteng mana yang akan diganti namanya.

“Nanti akan disampaikan, ya,” pungkas Riza. (Miechell Octovy Koagouw)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00