Akibat Dokumen, Puluhan WNA Ditolak Masuk Indonesia

Suasana Terminal 3 kedatangan Bandara Soekarno Hatta, Tangerang

KBRN, Tangerang: Sebanyak 57 warga negara asing (WNA) ditolak masuk ke Indonesia saat tiba di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang. Pasalnya selain mencurigakan juga diduga tidak sesuai untuk peruntukan dalam dokumen perijinan tinggal. 

Kepala Kantor Imigrasi  Kelas 1 Khusus TPI Soekarno Hatta, Romi Yudianto mengatakan, terdapat 57 WNA ditolak masuk Indonesia oleh Kantor Imigrasi Kelas 1 Khusus TPI Soekarno Hatta saat tiba di Terminal 3 Kedatangan Internaaional Soekarno Hatta, Tangerang. 

"Dari 57 WNA itu diantaranya berasal dari Pakistan, Banglades, Negeria dan yang paling mencolok adalah 12 WNA asal Sri Lanka," ungkapnya, Selasa (12/10/2021). 

Oleh karenanya, sambung Romi, mereka ditolak masuk ke Indonesia karena gelagat atau gerak-gerik yang mencurigakan dan tidak sesuai dengan peruntukan dalam dokumen keimigrasian mereka. 

Alhasil, lanjutnya, saat petugas memeriksa dokumen keimigrasiannya di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta sikap para WNA itupun meresahkan. 

"Kemudian, mereka tampak kompak dan terkoordinasi saat memasuki tempat X-ray barang Terminal 3 dan wajah mereka tidak mengarah pada pekerja ABK/pelaut seperti yang tertulis dalam dokumen perjalanan mereka," beber Romi. 

Menurut Romi, ke-12 WNA asal Sri Lanka itu tiba di Bandara Soekarno Hatta menggunakan Srilankan Airlines UL-1364 route Colombo (CMB) - Cengkareng (CGK) pada 5 Oktober 2021. Pesawat tersebut memuat barang kargo dan 12 orang WNA asal Sri Lanka. 

"WNA Sri Lanka tersebut berbadan tegap, rambut pendek, postur tubuh ideal dengan tinggi badan rata rata 170 centimeter dan Usianya pun rata rata 25 sampai 35 tahun," tuturnya.

"Petugas Imigrasi juga tidak menemukan kecocokan antara dokumen dan tujuan warga Sri Lanka itu ke Indonesia," paparnya.

Akhirnya, tambah Romi, ke-12 orang tersebut dipulangkan ke negara asalnya atau dideportasi pada 10 Oktober 2021 pukul 12.45 WIB sampai pukul 15.10 WIB. 

"Yang bertanggung jawab membiayai kepulangan WNA itu adalah pihak maskapai. Ke-12 orang itu berangkat dari Teminal 3  Bandara Soekarno Hatta menggunakan pesawat Srilanka Airlines UL.1365 dengan route Jakarta (CGK) - Colombo (CMB)," tutupnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00