Jet Langgar Pertahanan Udara Saat Sidang di-PBB

Ilustrasi (foto: istimewa)

KBRN, Jakarta: Sebuah jet berjenis Cessna 182 dianggap melanggar pembatasan penerbangan (TFR), saat sidang Majelis Umum di Markas PBB, New York City, sedang berlangsung siang Rabu (22/9/2021) kemarin waktu setempat.

Jet teersebut tepatnya terbang di atas wilayah Sungai Hudson, New York, Amerika Serikat. 

"NORAD secara ketat mengoordinasikan kegiatan pertahanan udara dengan FAA dan merespons sesuai kebutuhan," kata Komando Pertahanan Antariksa Amerika Utara (NORAD) dan Administrasi Penerbangan Federal AS (FAA) dikutip CNNIndonesia, Kamis (23/9/2021).

NORAD menuturkan jika pelanggaran area Pembatasan Penerbangan Sementara (TRF) seperti ini, telah terjadi bahkan dari waktu ke waktu dan merupakan bagian normal dari operasi.

Sementara itu, NORAD juga mengatakan bahwa Jet kecil ini diduga merupakan pesawat kecil milik Akademi Militer AS di West Point.

"Seorang instruktur penerbang Angkatan Darat AS sedang menerbangkan jet ini untuk kelas tekniknya, namun jet itu kemudian melanggar TRF secara singkat," katanya.

Diketahui jika sidang Majelis Umum PBB sendiri telah dijadwalkan akan berlangsung dari Selasa (21/9/2021) hingga Senin (27/9/2021) mendatang.

Maka dari sidang inilah, TRF untuk pergerakan VIP di wilayah udara New York akan terus berlaku mulai hingga Selasa pukul 15.45 waktu setempat.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00