FOKUS: #VAKSIN COVID-19

Indonesia Kembali Terima Kiriman Vaksin Amerika Serikat

Petugas memindahkan vaksin Miderna yang baru tiba dari Amerika Serikat ke truk yang sudah disiapkan di Terminal Kargo, Bandara Soetta, Tangerang

KBRN, Tangerang : Indonesia kembali menerima bantuan vaksin Covid-19 dari Amerika Serikat, Minggu (1/8/2021).

Sebanyak 3.5 juta vaksin Moderna telah tiba di Bandara Soekarno Hatta yang diterbangkan menggunakan pesawat Qatar Airlines.

"Saya ingin menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada pemerintah Amerika Serikat atas dukungan tambahan vaksin Moderna," ungkap Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi saat konferensi pers yang disiarkan secara virtual, Minggu (1/8/2021).

Dia menjelaskan, saat ini tercatat Indonesia telah menerima bantuan vaksin sebesar 178.357.880 dosis.

Itu, kata dia, vaksin dalam bentuk vaksin curah dan vaksin jadi.

"Maka dalam catatan Kementerian Luar Negeri Indonesia telah menerima di titik ketibaan sejumlah 178.357.880 dosis vaksin. Yang terdiri dari vaksin curah sebesar 144.700.280 dosis dan vaksin jadi sebesar 33.657.600 dosis," kata Retno.

Tak hanya itu. Sebab, dia mengatakan, Senin (2/8/2021) besok pukul 15.40 WIB, Indonesia juga akan kembali menerima bantuan vaksin Astrazeneca dari Inggris.

"Sebanyak 620 ribu dosis. Bantuan itu merupakan hasil dari pertemuan dengan Menteri Luar Negeri Inggris," kata dia.

Menurut rencana, juga akan terdapat pengiriman vaksin berikutnya dari Inggris, namun belum diketahui mengenai jumlah dosis.

"Ungkapan terima kasih dan penghargaan juga saya sampaikan kepada pemerintah Inggris. Kerja sama melalui dose-sharing mechanism ini merupakan salah satu cara yang penting dilakukan agar dunia dapat keluar dari pandemi ini," katanya.

Bantuan vaksin itu berdasarkan kerja sama dose-sharing dan Covax Facility/Gavi.

Retno memastikan pemerintah akan terus berupaya untuk mengamankan ketersediaan vaksin Covid-19.

"Pemerintah akan terus bekerja keras untuk mengamankan pengadaan vaksin bagi kepentingan rakyat Indonesia. Insya Allah di bulan Agustus ini akan ada serangkaian ketibaan vaksin di Indonesia," kata Retno. (DNS)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00