FOKUS: #VAKSIN COVID-19

Kapal Pesiar AS Batal Berlayar karena Corona

Ilustrasi kapal pesiar Odyssey of The Seas. (Dok.Ist)

KBRN, Jakarta: Kapal pesiar Odyssey of The Seas mengumumkan batal berlayar karena delapan orang kru positif Corona.

Keputusan pembatalan itu diumumkan langsung oleh Presiden dan CEO Royal Carribean Michael Bayley selaku pemilik kapal Odyssey of The Seas. Kapal pesiar tersebut rencananya akan berlayar dari Fort Lauderdale, Florida, AS pada tanggal 3 Juli 2021 mendatang.

"Satu langkah mundur ke belakang dan dua langkah maju ke depan. Setelah menjalani pemeriksaan rutin, ditemukan ada delapan orang kru yang positif Corona dari 1.400 orang kru yang ada," kata Bayley seperti dilansir dari dari 9News, Minggu (20/6/2021).

Padahal, kata dia, semua kru di kapal pesiar tersebut sudah menjalan vaksinasi.

"Selama tes rutin, ada delapan kru yang positif. Semua 1.400 kru kapal pesiar Odyssey of The Seas sudah divaksin dosis pada 4 Juni dan dosis kedua 18 Juni," kata Bayley.

Bayley menduga kru kapal pesiar positif itu tertular Corona karena belum menjalani dosis vaksin yang kedua, sehingga tidak sepenuhnya terlindungi dari virus menular itu.

"Kasus positif teridentifikasi setelah vaksin diberikan dan sebelum dosisnya sepenuhnya efektif. Dari 8 yang positif, enam di antaranya tidak bergejala, dan dua gejalanya ringan. Sekarang mereka telah dikarantina dan terus dimonitor oleh tim medis kami," kata Bayley.

Bayley mengatakan, demi melindungi kru kapal pesiar yang lain, semua kru akan menjalani karantina lagi selama 14 hari.

Rencananya kapal pesiar Odyssey of The Seas akan berlayar pada 31 Juli mendatang.

"Para tamu dan mitra kerja kami sudah diberi tahu dan diberikan beberapa opsi untuk dipertimbangkan. Memang mengecewakan, tapi ini adalah keputusan yang tepat untuk kesehatan dan keselamatan semua kru dan penumpang kami," kata Bayley.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00