RI-Thailand Sepakat Perkuat Kerja Sama Bilateral

Courtesy Call antara Duta Besar RI untuk Kerajaan Thailand dan UNESCAP Rachmat Budiman, bersama Perdana Menteri Thailand, Prayuth Chan-o-cha, di Government House (Dok. Istimewa/KBRI Bangkok)

KBRN, Bangkok: Indonesia dan Thailand sepakat untuk memperkuat kerja sama bilateral di berbagai sektor.

Perdana Menteri (PM) Thailand Prayuth Chan-o-cha mengatakan, kerja sama di sektor ekonomi dan perdagangan, dinilai mendesak untuk dilakukan sebagai upaya untuk pemulihan dari pandemi COVID-19.

“Thailand dan Indonesia harus tingkatkan kerja sama terutama di sektor ekonomi perdagangan untuk membantu pemulihan sosial ekonomi sebagai dampak dari pandemi Covid-19 ini,” ujar Prayuth ketika menerima courtesy call Duta Besar RI untuk Kerajaan Thailand dan UNESCAP Rachmat Budiman di Government House Jumat (11/6/2021), dilansir RRI.co.id dari laman kemlu RI, Senin (14/6/2021).

PM Prayuth lebih lanjut menggarisbawahi Thailand-Indonesia merupakan mitra penting di kawasan dan internasional.

Duta Besar RI untuk Kerajaan Thailand dan UNESCAP Rachmat Budiman dan Perdana Menteri Thailand Prayuth Chan-o-cha (Dok. Istimewa/KBRI Bangkok)

“Dan, kerja sama yang telah terbina selama ini terjalin nyata di seluruh sektor baik politik, pertahanan, kepolisian, perdagangan, investasi, pendidikan, dan kesehatan,” tambahnya.

Dalam kesempatan tersebut Prayuth turut memuji kepemimpinan Presiden Joko Widodo dengan memainkan peran penting terutama di ASEAN.

“Sebagai dua negara ekonomi terbesar di kawasan, baik Thailand dan Indonesia harus memajukan kerja sama ekonomi melalui berbagai mekanisme yang ada seperti Joint Commission Meeting (JCM), Joint Trade Commission (JTC) dan Joint Working Group on Fisheries (JWGF). Perlunya kedua pihak untuk mengurangi hambatan perdagangan dan investasi untuk memperlancar arus perdagangan dan investasi dua arahm” papar Prayuth.

Dikatakan ketertarikan investor Thailand untuk terus meningkatkan keberadaan mereka di Indonesia dan diharapkan dukungan penuh dari Pemerintah Indonesia.

Suasana pertemuan antara delegasi Republik Indonesia dengan Kerajaan Thailand (Dok. Istimewa/KBRI Bangkok)

Rachmat Budiman menyampaikan beberapa prioritas yang akan dilaksanakan dalam upaya memperkuat kerja sama kedua negara.

“Utamanya di bidang ekonomi perdagangan termasuk memperluas kerja sama investasi guna memperkuatan ketahanan masyarakat,” ungkap Rachmat.

Menurut Rachmat pentingnya kerja sama bilateral dalam rangka menjaga perdamaian dan stabilitas kawasan.

“Serta memperkuat kerja sama di bidang pendidikan termasuk riset pengembangan penanganan kesehatan masyarakat antara lain di bidang pengadaan vaksin. Termasuk, untuk memperkuat kerja sama di forum regional dan multilateral,” paparnya.

Rachmat menyebut peningkatan kerja sama antara Indonesia-Thailand merupakan suatu keharusan, terutama sebagai upaya pemulihan sosial ekonomi yang terdampak pandemi COVID-19.

“Mengingat tidak ada satupun negara yang mampu mengatasi masalah pandemi secara sendiri. Pandemi COVID-19 juga memberikan pelajaran untuk mampu mengatasi kelemahan di dalam infrastruktur kesehatan,” pungkasnya. (Miechell Octovy Koagouw)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00