FOKUS: #VAKSIN COVID-19

Vaksinasi Covid Eropa Masih 'Jauh dari Cukup'

(Medical Xpress)

KBRN, Jenewa: Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memperingatkan pada Kamis (10/6/2021) bahwa tingkat vaksinasi di Eropa masih jauh dari apa yang dibutuhkan untuk menghentikan bangkitnya virus dan meminta negara-negara untuk mempertahankan langkah-langkah perlindungan.

Menurut organisasi itu, 30 persen orang telah menerima setidaknya satu dosis vaksin COVID-19 dan 17 persen telah divaksinasi penuh di Wilayah Eropa WHO—yang mencakup 53 negara dan wilayah dan mencakup beberapa di Asia Tengah.

"Meskipun kita telah melangkah jauh, kita belum cukup jauh," kata Hans Kluge, direktur regional WHO untuk Eropa, dalam konferensi pers.

"Cakupan vaksinasi masih jauh dari cukup untuk melindungi wilayah dari kebangkitan kembali. Jarak yang harus ditempuh sebelum mencapai setidaknya 80 persen cakupan populasi orang dewasa masih cukup jauh," tambah Kluge, seperti dikutip dari Medical Xpress, Jumat (11/6/2021).

Dia mencatat bahwa kawasan itu telah mengalami penurunan keseluruhan dalam kasus baru, rawat inap dan kematian selama dua bulan berturut-turut, tetapi mendesak semua negara untuk menghindari mengulangi "kesalahan" musim panas lalu dengan melonggarkan tindakan sebelum waktunya, yang mengarah pada kenaikan di musim gugur.

"Selama musim panas lalu, kasus secara bertahap meningkat pada kelompok usia yang lebih muda dan kemudian pindah ke kelompok usia yang lebih tua, berkontribusi pada timbulnya kembali yang menghancurkan, penguncian dan hilangnya nyawa, pada musim gugur dan musim dingin 2020," kata Kluge.

Dia meminta negara-negara untuk mengambil "pelajaran tahun lalu," dengan bertindak cepat pada sinyal peningkatan kasus, memperluas pengujian dan pelacakan kontak, dan "dengan cepat mencapai penyerapan vaksin yang sangat tinggi pada populasi yang paling rentan."

Dia juga meminta masyarakat untuk "menikmati musim panas dengan aman" dengan mematuhi pedoman kesehatan.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00