WNI di Midwest Diminta Tingkatkan Kewaspadaan

KBRN, Jakarta: Meningkatnya aksi kekerasan terhadap warga keturunan Asia di Amerika Serikat, turut mendorong agar Warga Negara Indonesia (WNI) yang berdomisili di wilayah Midwest (Amerika Serikat Barat Tengah) untuk selalu waspada.

Konsul Jenderal RI di Chicago Meri Binsar Simorangkir, menghimbau WNI untuk meningkatkan kewaspadaan diri termasuk dengan tidak mengenakan perhiasan yang mencolok.

“Agar masyarakat Indonesia dapat menjaga diri serta tidak memancing tindak kekerasan dengan menggunakan perhiasan yang berlebihan, membawa uang tunai dalam jumlah besar, dan berjalan sendirian di tempat gelap,” ungkap Meri Binsar dalam keterangan resmi yang dikutip RRI.co.id, Rabu (14/04/2021).

Menurut Meri, jika terjadi sesuatu yang dianggap membahayakan diri, WNI diimbau untuk segera melaporkan kepada pihak berwenang.

“Tidak lupa, selalu laporkan kejadian yang dianggap membahayakan ke pihak berwajib serta KJRI. Sedapat mungkin dokumentasikan, serta ingat dengan baik kronologi dan deskripsi pelaku. Ingat, nomor telepon Hotline KJRI Chicago selalu dapat dihubungi 24/7,” imbuhnya.

Meri menambahkan, pihaknya terus mengimbau WNI di wilayah Midwest untuk terus mengedepankan kehati-hatian, meskipun hingga saat ini tidak ada laporan tindak kekerasan yang dialami.

“Namun demikian, KJRI Chicago terus menyampaikan himbauan untuk meningkatkan kewaspadaan dilakukan, tidak hanya dengan turun langsung ke kantong-kantong masyarakat yang ada di Midwest, tapi juga melalui media sosial dan website KJRI Chicago,” tegasnya.

Imbauan agar WNI di wilayah Midwest meningkatkan kewaspadaan dan tetap tenang di tengah merebaknya aksi kebencian terhadap warga Asia, disampaikan KJRI Chicago dalam beberapa kesempatan.

Seperti, dalam pertemuan dengan perwakilan WNI di Cleveland, Ohio, Sabtu (03/04/2021) dan Perayaan Paskah bersama masyarakat Kristiani Indonesia, di Indonesian Christian Church (ICC) di Plymouth, Michigan, Minggu (04/04/2021).

Wilayah kerja KJRI Chicago meliputi 13 negara bagian di Midwest Amerika Serikat, yaitu Illinois, Indiana, Iowa, Kansas, Kentucky, Michigan, Minnesota, Missouri, Nebraska, North Dakota, Ohio, For immediate release South Dakota dan Wisconsin dengan jumlah WNI mencapai 11.682 orang. (Foto : Istimewa)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00