Warga Los Angeles Gemari Kopi Indonesia

KBRN, Jakarta: Cita rasa asli dan khas kopi asal Indonesia, memang tidak diragukan lagi bahkan hingga ke penjuru dunia.

Seperti halnya di Los Angeles, California, Amerika Serikat, dimana warga setempat diketahui menyukai kopi asal Indonesia. Hal itu terlihat dalam pelaksanaan Hybrid Coffee Business Matching and Cupping "A Cup of Java: The Original Taste of Indonesian Coffee" pekan lalu di Outdoor Rooftop Lt. 5 Gedung Konsulat Jenderal RI (KJRI) Los Angeles.

“Telah dihadirkan lima pemasok kopi UKM asal Indonesia yang berpartisipasi dalam acara ini, baik secara langsung, yaitu, Opal Coffee dan Red Goni Inc, maupun secara virtual, yaitu PT. Dua Harimau, Ephraim Coffee, dan Kopi Kalyan,” ucap Konsul Jenderal RI di Los Angeles Saud P. Krisnawan kepada RRI.co.id, Rabu (14/4/2021).

Menurutnya, terdapat tiga jenis kopi yang menjadi favorit para peserta.

“Dari hasil sesi Coffee Cupping, beberapa sampel kopi yang menjadi favorit para peserta, termasuk Java Pineapple, Bondowoso, dan Wahana Longberry Washed,” jelasnya.

Selain, dalam pertemuan bisnis itu juga memperoleh komitmen pembelian hingga USD 100,000.

“Dari hasil kegiatan telah diperoleh komitmen pembelian kopi yang diestimasi bernilai sekitar USD 100,000,” ungkap Saud.

Pandemi COVID-19 sangat berdampak terhadap ekspor kopi Indonesia ke AS, dimana terjadi penurunan sebesar -22,1 % dari USD307.8 juta di 2019 menjadi USD239.9 juta di 2020.

Namun, dilihat dari nilai impor produk kopi AS dari dunia yang pada tahun 2020 mencapai USD5.7 milyar, tercatat adanya penurunan sebesar -2.8% year-on-year. Hal ini menunjukkan bahwa di tahun 2020, permintaan produk kopi di AS juga menurun.

Ia menyebut dengan meningkatnya jumlah vaksinasi dan penurunan jumlah kasus per hari COVID-19 khususnya di negara bagian California, diproyeksikan sektor bisnis akan segera kembali ke normal di tengah musim panas ini.

“Oleh karena itu, saat ini merupakan peluang yang baik untuk terus mendorong promosi kopi Indonesia kepada para pemilik cafe dan coffee roasters di California yang tengah bersiap untuk membuka bisnisnya kembali,” ungkap Saud. (Foto : KJRI LA)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00