Inggris Apresiasi Peran Indonesia Distribusikan Vaksin Astrazeneca

KBRN, Jakarta: Kementerian Luar Negeri Inggris mengapresiasi peran Indonesia dalam melakukan distribusi vaksin Astrazeneca melalui COVAX. 

Menteri Luar Negeri Inggris Dominic Raab mengatakan, pihaknya bekerja sama dengan erat untuk masalah terbesar saat ini, yaitu COVID-19. 

"Seperti yang dikatakan Menteri Retno, hanya melalui kolaborasi dan kerja sama kita bisa melalui ini. Termasuk memastikan vaksin yang adil untuk semua orang," kata Dominic Raab dalam siaran pers, Rabu (7/4/2021).

"Dan dalam kesempatan ini, saya ingin memberikan penghormatan khusus kepada Menteri Retno terkait kepemimpinan beliau, sebagai salah satu dari tiga co-chair COVAX, yang merupakan mekanisme global untuk memastikan adanya akses global yang adil untuk memperoleh vaksin," ungkap Raab.

Diketahui, Indonesia telah menerima 1,1 juta vaksin Covid-19 AstraZeneca melalui skema COVAX, dan merupakan salah satu negara pertama yang menerima vaksin COVAX.

Inggris, kata Raab, merupakan donatur terbesar COVAX dan telah menyumbang 1 miliar dosis vaksin untuk COVAX, serta membantu mengumpulkan US$ 1 miliar dari donatur lain.

"Kami juga menyumbang 5 juta poundsterling untuk tanggap kesehatan dan ekonomi ASEAN terhadap COVID-19. Dan 1 juta poundsterling untuk dana aksi tanggap COVID ASEAN," papar Raab.

Dalam kunjungan perdana ke Indonesia sebagai menteri luar negeri, Dominic Raab juga menyepakati kerja sama baru Inggris dengan Indonesia di bidang keamanan dan perdagangan, mendukung sektor kreatif di Indonesia, termasuk pembangunan infrastruktur dan sumber daya manusia. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00