La’eeb, Hayya Hayya

Ari Dwi P
Piala Dunia 2022 di Qatar dimulai dan menjanjikan persaingan yang sengit (Foto: FIFA)

PIALA Dunia 2022 telah tiba. Pesta sepak bola terakbar ini akan menyapa warga dunia untuk sebulan ke depan. Inilah tontonan paling menghibur di seantero jagat, karena sepak bola merupakan olahraga terpopuler. Qatar sebagai tuan rumah sudah siap menyambut para tamu bola dengan sebaik-baiknya.

Piala Dunia 2022 setidaknya memiliki dua sejarah penting. Pertama, inilah pertama kalinya diselenggarakan di Jazirah Arab. Kedua, Qatar 2022 menjadi edisi terakhir turnamen yang diikuti 32 tim. Mulai 2026 mendatang, jumlah peserta ditambah menjadi 48 tim. Maka dari itu, sayang kalau sampai melewatkan edisi spesial pada 2022 ini.

Delapan stadion menjadi altar pertandingan di Piala Dunia kali ini, yang tersebar di lima kota. Sebut saja Lusail Iconic (Lusail), Al Bayt (Al Khor), 974, Al Thumama (Doha), Khalifa International, Education City, Ahmad bin Ali (Al Rayyan), dan Ahmad bin Ali (Al Wakrah). Pembukaan pada Minggu (20/11/2022) diselenggarakan di Al Bayt, dengan partai pembuka tuan rumah Qatar melawan Ekuador.

Soal kesiapan infrastruktur tidak perlu dipertanyakan lagi. Semua stadion telah mengantongi sertifikat berbintang dari FIFA. Aspek keamanan dan kenyamanan menjadi nomor satu. Bahkan teknologi pendingin udara sudah tersedia, demi semua yang ada di stadion tidak merasa kepanasan atau gerah. Maklum, Piala Dunia ini kendati diselenggarakan setelah musim panas, tetap saja terasa terik dan lembab bagi kebanyakan pemain dari Eropa. Karena itulah dihadirkan AC untuk menurunkan tingkat kelembaban udara di stadion.

“Turnamen ini menjadi ajang besar pertama yang menyatukan dunia, setelah pandemi selama lebih dari dua tahun. Kami bangga dan bahagia, hingga dunia bisa melihat bahwa Qatar akan mempersembahkan Piala Dunia yang luar biasa, seperti yang telah kami janjikan,” kata Emir Qatar Sheikh Tamim bin Hamad Al Thani. 

Selanjutnya, “LA’EEB, HAYYA HAYYA”