Intip Spesifikasi Motor Balap WSBK di Sirkuit Mandalika

Sejumlah pembalap melaju pada Idemitsu Asia Talent Cup (IATC) atau MotoGP Junior di Pertamina Mandalika International Street Circuit di Praya, Lombok Tengah, NTB, Sabtu (13/11/2021). Pada IATC 2021 yang digelar di sirkuit Mandalika terdapat delapan perwakilan negara yang turut serta diantaranya Australia, India, Indonesia, Jepang, Malaysia, Qatar, Thailand dan Turki. (ANTARA)
foto
Penulis: Tjuk Suwarsono

Publik Tanah Air akan segera merasakan gelegar bunyi knalpot motor-motor sport  terbaik dan termahal di dunia, mengaspal di sirkuit Mandalika.  Ada lima merk motor berkapasitas mesin 1.000 cc yang akan berlomba. Tiap motor yang menyemburkan 230  tenaga kuda ini, sebagian sudah bisa dibeli di sini  dengan harga lebih satu milyar rupiah. Merk BMW bahkan lebih dua milyar rupiah.

Beberapa orang penghobi motorsport sudah mengendarainya di jalanan Jakarta atau Surabaya. Mereka melaju di jalan umum dalam kota, atau bersafari ke luar kota. Mungkin setelah ini mereka akan menggebernya di Mandalika.

Hal yang menarik, setiap komponen motor yang berkualitas tinggi, tidak dibuat sendiri oleh pabrikan merk. Pada setiap tubuh motor, terdapat ratusan komponen yang perlu dirangkai (diasembling) sehingga menjadi satu kesatuan utuh. Para spesialis komponen itu dikenal unggul, karena produknya juga digunakan di motor balap MotoGP.

Hanya mesin dan rangka yang benar-benar dirancang dan disiapkan oleh pabrikan merk. Selebihnya adalah gabungan berbagai-bagai komponen pelengkap dan pendukung performa motor. Untuk knalpot (saluran gas buang, muffler/exhauster) dirajai ‘Akrapovic’. Untuk perangkat rem depan- belakang nama ‘Brembo’ sangatlah populer.

Pembuat pegas (shock breaker) depan-belakang rasanya hanya ‘Ohlin’ yang paling dipercaya. Sementara otak injeksi bahan bakar, terbanyak digunakan ECU Mirelli. Untuk bisa melaju cepat di sirkuit, motor ini dibekali ban merk Pirelli dengan tiga tipe; lembut (soft), sedang (medium), dan keras (hard). Dalam setiap lomba acapkali ketiga tipe ban ini disiapkan sekaligus, untuk menyesuaikan dengan perubahan cuaca sewaktu-waktu.

Jantung kehebatan sesungguhnya terletak pada rancang bangun mesin dan transmisi. Mesin terbaru motor hebat ini masih berada di dua pilihan; mesin segaris 4 silinder, atau mesin konfigurasi V juga empat silinder. Keduanya memiliki plus-minus yang harus kompatible dengan karakter tiap-tiap pebalap dan profil sirkuit yang berbeda-beda.  Untuk pemindah gigi, MotoGP menggunakan teknologi ‘seamless’, sedangkan WSBK memasang  ‘constant mesh’ enam kecepatan. Kedua ‘gearbox’ inilah yang akan mengatur dan mengelola kekuatan dahsyat sekitar  230-260 daya kuda.   

Hanya Lima Merk

Bagaimanakah spesifikasi teknis motor-motor yang akan melakukan aksinya di sirkuit Mandalika?

Mengacu pada data ‘competition.totalenergies.com’ syarat motor yang boleh ikut berlomba di WSBK 2021 setidaknya sudah diproduksi 2.000 unit. Motor itu mengacu pada produk asli/standar setiap pabrikan yang sudah diproduksi massal. Beberapa pembatasan mengatur isi silinder mesin yang 1.000 cc untuk mesin empat langkah (four stroke) atau 1.200 cc untuk mesin dua langkah (two strokes) seperti Ducati. Tenaga maksimum sebatas  233 daya kuda, dan bobot maksimal 165 kg. Kecepatan puncak juga dibatasi tidak lebih 330 kilometer/jam.

Inilah spesifikasi motor balap dari lima pabrikan yang terjun di Mandalika, yaitu Yamaha, Honda, Kawasaki, BMW dan Ducati. Dibandingkan dengan MotoGP, merk yang tidak ikut bertarung adalah KTM dan Suzuki.

  Ducati Panigale V4 R, Lebih Rp 2 Miliar

Kompetitor Italia akan menurunkan kuda besi Ducati Panigale V4 R. Di bawah bendera Tim Aruba  Racing, tim ini diperkuat beberapa mantan pebalap Moto GP. Ducati Panigale V4 menjadi motor pertama Ducati yang menggunakan mesin 4 silinder, berkapasitas 1.103cc dan bisa menghambur tenaga 214 Horsepower dan torsi 124 Nm, meski belum sekuat mesin 4 Silinder yang dipakai Ducati Desmosedici di MotoGP. Di Indonesia sendiri motor ini belum dipasarkan secara resmi. Namun diperkirakan harganya akan melebihi Rp 2 miliar.

Saat ini Ducati Panigale V4 juga berstatus sebagai salah satu motor termahal di dunia.  Beragam teknologi canggih berada di tubuhnya,  seperti Riding Modes, Power Modes, Bosch Cornering ABS EVO, Ducati Traction Control (DTC) EVO, Ducati Wheelie Control (DWC) EVO, Ducati Slide Control (DSC), Engine Brake Control (EBC) EVO, Auto tyre calibration, dan masih banyak lagi fitur canggih lainnya.

Sebelum ada Ducati Panigale V4, motor termahal di dunia milik Ducati adalah Ducati Panigale R yang dipasarkan di Indonesia dengan harga mencapai Rp 2 miliar. Ducati melengkapinya dengan mesin L-Twin berkekuatan 1.198cc yang menghasilkan tenaga 205 Horsepower pada 11.500 rpm dan torsi 136 Nm pada 7.500 rpm.

Sebanding dengan harganya yang mahal, motor termahal di dunia ini juga dibekali suspensi balap buatan Ohlins. Suspensi depannya terpasang  upside down 43 mm tipe Ohlins TIX30. Sedangkan pegas belakangnya didukung  Ohlins TTX36. Rasanya semua komponen terbaik telah terpasang pada Ducati Panigale R.

Intip Spesifikasi Motor Balap WSBK yang Siap Berlaga di Sirkuit Mandalika (3)

Motor Ducati Panigale R

Spesifikasi teknis Panigale V4 R dikutip dari Ducati.com

Mesin: 998 cc 4-stroke, V4 90º Desmodromic, 4 valves per-silinder

Tenaga: 238 dk/16.000 rpm

Kecepatan maksimal: 315 kpj

Transmisi: 6-percepatan

Kopling: STM dry multi-plate slipper clutch with hydraulic control

Sistem injektor bahan bakar: Electronic injection system

Sistem saluran gas buang: Akrapovič titanium 4-2, dua moncong knalpot titanium

Rangka: Alumunium

Suspensi: 46 mm pressurized RVP2530 upside-down Öhlins fork, single-side aluminium swingarm, with Öhlins RSP50 shock absorber

Sistem pengapian: ECU Magneti Marelli MLE

Ban: Pirelli 17" front and rear

Rem depan: Brembo radial P4X30-34 calipers, two Ø 336mm floating discs.

Rem belakang: Brembo radial P2X24 caliper, one 230mm Ø disc

Berat kosong: 168 kg termasuk cairan dan pelumas.

  Yamaha YZF R1, Sekitar Rp 812 Juta

Yamaha YZF R1 memiliki spesifikasi tidak jauh berbeda dengan produksi umum. Demi tampil di kejuaraan WSBK, Yamaha menyesuaikan beberapa bagian atau komponen di dalamnya. Dikutip dari yamaha-racing.com dan Kumparan, Yamaha menghilangkan lampu depan dan kaca spion, mengganti komponen bodi dengan sparepart khusus balapan, serta melakukan penyesuaian ulang dan modifikasi pada mesin, sistem pembuangan, suspensi, rem dan suku cadang  lainnya.

Di Indonesia harga Yamaha R1M dibanderol sekitar Rp 812 Jutaan. Harga ini tidak beda jauh dengan Kawasaki Ninja H2 Carbon yang sama-sama dibekali mesin 4 Silinder. Tenaga dan torsinya saja yang sedikit berbeda. Mesin Yamaha ber tenaga 200 daya kuda pada putaran mesin 13.500 rpm dan torsi 112.4 Nm pada 11.500 rpm.

Yamaha mengandalkan teknologi motor balap  ‘’3-Dimension Control’' . Fungsinya mengontrol cengkeraman roda saat menikung, mempercepat  akselerasi keluar dari tikungan, dan melejit dijalur lurus. Rincian teknisnya meliputi Slide Control System (SCS), Traction Control System (TCS), Lift Control System (LIF), dan Quick Shift System (QSS) Launch Control System (LCS). Yamaha ini juga dibekali sistem pengereman ABS dengan Unified Brake System.

Intip Spesifikasi Motor Balap WSBK yang Siap Berlaga di Sirkuit Mandalika (2)

Motor Yamaha R1M

Bentuk standar motor Yamaha R1M

Spesifikasi Yamaha YZF R1

Mesin: 998 cc 4-stroke, DOHC, 4-silinder, berpendingin cairan

Bore and stroke: 79.0mm x 50.9mm

Tenaga maksimal: lebih dari 216 dk

Sistem injektor bahan bakar: Fuel Injection

Sistem pengapian: Marelli MLE

Transmisi: Constant Mesh, 6-percepatan

Rangka: Aluminium Deltabox

Sistem suspensi depan: Ohlins Ø 46 mm

Sistem suspensi belakang: Swingarm, (link suspension)

Rem depan: hidrolik cakram kembar (hydraulic dual disc) Ø 336mm Brembo

Rem belakang: hidrolik cakram tunggal (hydraulic single disc), Ø 218 mm Brembo

Ban depan: 120/70 ring 17” Pirelli

Ban belakang: 200/50 ring 17” Pirelli

PxLxT: 2,055 mm x 690 mm x 1,150 mm

Tinggi tempat duduk: 855 mm

Jarak antardua roda (wheel base): 1,450 mm (+/- 15)

Minimum ground clearance: 130 mm

Berat kosong: 164 kg

Kapasitas tangki: 24 liter.

    BMW M 1000 RR Lebih Rp2 Miliar

Dikutip dari rideapart.com, dan Kumparan, BMW Motorrad Motorsport menampilkan motor M 1000 RR superbike dengan kemampuan performa yang ditingkatkan khusus untuk trek dan balap dalam ajang WSBK 2021. Di dalam jantung pacunya tersimpan tenaga 212 daya kuda. Beberapa komponen  dihilangkan untuk kepentingan balap. Motor ini dilengkapi winglet, sayap pengalir angin di bawah kemudinya. Kuda besi BMW ini akan ditunggangi Michael van der Mark, bersama Tom Sykes, untuk membawa BMW berjaya di WSBK musim 2021.

Mirip dengan tipe M 1000 RR, BMW juga mengandalkan tipe BMW HP4 Race. Salah satu motor termahal di dunia ini dirancang secara khusus dengan teknologi motor balap, dan dibuat secara terbatas hanya 750 unit di seluruh dunia. BMW juga melengkapinya dengan bodi Full Carbon dan mesin 4 Silinder berkapasitas 999cc yang bisa mengeluarkan tenaga sebesar 215 Horsepower dan torsi 120 Nm. Performanya mengagumkan, karena bisa berlari sekitar 300 km/jam. Suspensinya mengandalkan  buatan Ohlins pada depan dan belakang. Sistem pengeremannya menggunakan kaliper Brembo terbaik . Segala perangkat bermutu ini bisa diperoleh dengan harga motor lebih Rp 2 miliar.

Intip Spesifikasi Motor Balap WSBK yang Siap Berlaga di Sirkuit Mandalika (4)

BMW M 1000 RR WSBK Foto: BMW Mottorad

Spesifikasi BMW 1000 RR

Mesin : 999 cc 4T 4 silinder segaris DOHC 16 klep titanium dengan variable intake camshaft control BMW Shift CAM, berpendingin cairan, titanium rods, 2-ring piston

Bore x Stroke: 80 × 49,7 mm

Transmisi: Constant Mesh 6-percepatan dengan straight cut gears

Tenaga maksimal: 230 dk/14.000 rpm

Kapasitas tangki: 22 liter

Berat kosong: 168 kg

PxL: 2.080 mm x 538 mm

Suspensi depan : Upside-down Telescopic Fork Ohlins RVP25/30

Suspensi belakang: Underslung Swing Arm, Full-floater central spring strut Ohlins RVP50

Rem depan : Cakram ganda Yutaka 335mm Floating, kaliper Nissin radial 4 piston.

Rem belakang : Cakram tunggal Yutaka 220mm, kaliper Nissin Axial 2 piston.

Velg : CFK S1000RR Series, Depan 3.50×17 Inci, Belakang 6.0×17 inci Tubeless

Ban: Pirelli Supercorsa.

Honda CBR 1000RR-R Fireblade SP, Lebih Murah

Honda tak mau kalah dari lawan-lawannya.  Produsen sepedamotor terbanyak di pasar Indonesia ini akan menurunkan andalannya pada serial terbaru CBR. Tipe yang disiapkan adalah CBR 1000RR-R Fireblade SP dikembangkan dengan konsep, "Total Control for the Track", yang bertujuan memaksimalkan performa tinggi di trek balapan.

Intip Spesifikasi Motor Balap WSBK yang Siap Berlaga di Sirkuit Mandalika (5)

Honda CBR1000RR-R Fireblade SP Foto: wsbk.hondaracingcorporation.com

Dikutip dari wsbk.honda racing corporation.com, mesinnya dirancang dengan teknologi dari mesin MotoGP RC213V yang telah terbukti  memenangkan gelar juara dunia, sekaligus menjadi mesin paling bertenaga untuk CBR saat ini. Rancangan sasis sudah diperbaiki untuk menghasilkan stabilitas tinggi di segala medan balapan, yakni akselerasi dan pengereman di tikungan, dan kestabilan di jalur lurus.  Honda juga mempersiapkan motor ini selaras dengan karakter dan  gaya berkendara pebalapnya. Mesin CBR1000RR-R menghasilkan tenaga maksimum 214 dk pada 14.500 rpm dan torsi puncak 113Nm pada 12.500 rpm dengan bobot 201kg.

Motor ini sebenarnya langsung bersaing melawan Yamaha R1M dan Kawasaki Ninja H2 Carbon. Namun dari segi harga, Honda CBR1000RR SP1 dibanderol jauh lebih murah, hanya sekitar Rp 700 Juta.

Motor Honda CBR1000RR SP1

Motor Honda CBR1000RR SP1 standar

Spesifikasi  CBR1000RR-R

Mesin: Honda RC213V MotoGP technology 1000 cc 4-silinder

Tenaga: Lebih dari 227 dk/14.500 rpm

Transmisi: 6-percepatan

Suspensi depan: Öhlins 43mm NPX forks with second generation semi-active Öhlins Electronic Control

Suspensi belakang: Öhlins TTX36 Smart-EC

Sasis: Aluminium

Rem depan: Brembo Stylema kaliper 4-piston radial-mounted

Rem belakang: Brembo kaliper monobloc

Kapasitas tangki: 24 liter

Berat kosong: Lebih dari 168 kg.

  Kawasaki ZX-10RR, Sekitar Rp 820 Juta

Kawasaki Racing Team telah melakukan banyak tahap pengembangan untuk model andalannya Ninja ZX-10RR, menggantikan model Ninja ZX-10R. Dikutip dari kawasaki.com, motor ZX-10RR ini menjadi tunggangan pembalap juara dunia enam kali Jonathan Rea dan Alex Lowes yang sudah dua musim pada ajang WSBK 2021. Desainnya tidak jauh beda dengan yang dipakai pada musim lalu, masih dengan corak hijau dan hitam yang khas.

Meskipun Kawasaki kini untuk sementara tidak berkompetisi di ajang MotoGP, tetapi berkeyakinan suatu saat akan kembali ke sana. Namun untuk motor produk massal, Kawasaki tetap dikenal mashur dalam pengembangan Ninja, mulai dari mesin kecil hingga silinder besar.

Salah satu motor termahal di dunia buatan Kawasaki ini tidak bisa digunakan di jalan raya. Kawasaki juga mengembangkan Ninja H2R dikhususkan sebagai motor balap. Ia pernah dipasarkan di Indonesia dengan harga lebihi Rp 1 miliar. Motor ini dilengkapi mesin 4 Silinder berkapasitas 998cc lengkap dengan teknologi Supercharged yang membuatnya mampu melesat melebihi 400 km/jam. Saat ini Ninja H2R menyandang status motor tercepat di dunia yang dibuat oleh pabrikan, jadi wajar apabila masuk ke dalam salah satu motor termahal di dunia.

Serial Ninja lainnya selain Ninja H2R adalah Ninja H2 Carbon yang dilengkapi material karbon yang membalut bodinya. Performa mesinnya tidak beda jauh, karena ditenagai mesin Liquid-cooled, 4-stroke In-Line Four dengan kapasitas 998cc dan bisa mengeluarkan tenaga sebesar 215 PS pada 11.000 rpm dan torsi 133.5 Nm pada 10.000 rpm. Kawasaki melengkapinya dengan teknologi Supercahrger dan transmisi 6 percepatan. Motor termahal di dunia ini juga memiliki desain futuristik dengan lekukan bodi tajam yang terlihat sangat agresif. Harga Ninja H2 Carbon dibanderol sekitar  Rp. 820 Jutaan.

Intip Spesifikasi Motor Balap WSBK yang Siap Berlaga di Sirkuit Mandalika (6)

Spesifikasi Kawasaki ZX-10RR

Mesin: 998 cc DOHC 4-silinder segaris 16-valves berpendingin udara

Bore x Stroke: 76 x 55 mm

Kompresi: 13,0:1

Sistem injektor bahan bakar: Fuel injection

Tenaga maksimal: 204 dk/14.000 rpm

Torsi maksimal: 111,8 Nm/11.700 rpm

Transmisi: 6-percepatan

Rangka: Double girder frame, die-cast aluminium

PxLxT (mm): 2,085 x 750 x 1,185

Kapasitas tangki: 17 liter

Sumbu roda: 1.450 mm

Rem depan: Cakram ganda Brembo M50 semi-floating 330mm, kaliper 4-piston

Rem belakang: Cakram tunggal 220mm, kaliper 1-piston.

Penulis : Tjuk Suwarsono

Editor : Widhie Kurniawan

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar