Indonesia Masuk Daftar Hitam Afrika Selatan

Foto: istock

KBRN, Jakarta: Afrika Selatan mengumumkan Indonesia menjadi daftar negara berisiko tinggi terhadap virus Corona. 

Melansir laman pemerintahan Afrika Selatan, Rabu (21/10/2020), Departemen Dalam Negeri Afrika Selatan telah meninjau daftar negara berisiko tinggi yang akan dilarang memasuki negara itu berdasarkan aturan lockdown tingkat satu, dilakukan untuk menyelamatkan nyawa warga dan melindungi perekonomian.

"Kami mengapresiasi kontribusi ekonomi signifikan yang mereka berikan melalui aktivitas mereka di negara ini. Untuk tujuan ini, kami juga akan mengizinkan pengunjung, dalam kategori apa pun, yang datang untuk tinggal selama tiga bulan atau lebih dengan tunduk pada protokol Covid-19," begitulah pengumuman yang dibuat.

Afrika Selatan pun menegaskan bahwa pelancong yang berasal dari negara berisiko tinggi dilarang masuk. Pengecualian untuk urusan bisnis, diplomat, repatriasi, investor, dan mereka yang berpartisipasi dalam olahraga profesional. Itu pun dengan catatan mereka wajib melewati protokol kesehatan.

Sebelumnya, ada 60 negara yang masuk daftar risiko tinggi untuk virus Corona, namun setelah diperbarui, ada 22 negara.

Khusus pelancong yang berasal dari negara berisiko tinggi dan ingin masuk ke Afrika Selatan maka harus mengirimkan permohonan melalui email lebih dulu. Pelancong pun wajib mencantumkan salinan paspor atau visa tinggal sementara, bukti kegiatan bisnis yang dilakukan di Afrika Selatan, serta bukti rencana perjalanan dan bukti akomodasi.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00