Meski Dilarang, Warga Jakarta Tetap Datangi Monas

KBRN, Jakarta: Suasana malam Idul Fitri 1441 Hijriah, Sabtu (23/5/2020), di pusat Ibu Kota Jakarta, seperti di kawasan Taman Pandang, Silang Monas, Jakarta Pusat, sangat berbeda. Itu, jika dibandingkan dengan malam malam Idul Fitri tahun sebelumnya. Suasana malam ini nampak jauh lebih sepi dari pantauan RRI.co.id sekisar pukul 20.00 WIB, tepat di depan Istana Negara, Jakarta.

Namun, meski dalam suasana Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) guna mencegah penyebaran dan penularan virus COVID-19, juga nampak sejumlah masyarakat mengisi malam Takbiran masih mengunjungi kawasan Monas. Memang, jumlahnya jauh lebih sedikit bila tidak ada peraturan PSBB di Jakarta.

Seorang pengunjung Monas bernama Irno, mengaku warga Cengkareng, Jakarta Barat mengatakan datang bersama keluarga. Dia mengatakan lebih memilih untuk tidak melakukan perjalanan mudik ke kampung halaman. Tapi, dia juga tidak memilih berdiam diri di dalam rumah, dan memilih jalan jalan keliling Kota Jakarta, walaupun masih dengan berbagai ketentuan PSBB.

"Gak mudik. Ya, mending kita ketempat gini kan (Taman Pandang Monas, red) dari pada mudik. Kalo mudik, niat mau Idul Fitri, tapi di kampung nanti malah diisolasi. 14 hari lagi, isolasinya," ungkap Irno kepada RRI.co.id di kawasan Taman Pandang Monas, Jakarta (23/5/2020).

Ia juga menceritakan, perayaan Idul Fitri tahun ini, dia enggan untuk melakukan kunjungan silahturahmi ke sanak saudaranya. Walaupun, juga masih di sekitaran Jakarta.

"Keluarga ada sih di Jakarta. Tapi, kalo saya pribadi milih lebih baik silahturahmi lewat virtual-lah, dari pada kita datengin langsung. Kita kan gak tahu risikonya di mana-mana aja," ujar dia.

Tapi, Irno juga masih mempertimbangkan rencana silaturahmi ke rumah sanak saudara yang berada di laur zona merah.

"Ya, kalau misalnya ada keluarga yang kita tahu wilayahnya aman (COVID-19), kita kunjungin, mas. Tapi saya ya tetap waspada, tetap pake masker, jaga jarak, nggak cipika-cipiki (dan sungkem, red) dulu. Pokoknya, apa yang dianjurin pemerintah kita jalanin, karena kan saya juga enggak tau saudara saya itu aman apa enggak," katanya.

Hingga berita ini diturunkan, pantauan RRI.co.id di lapangan juga masih terlihat banyak warga berdatangan di Silang Monas.Tapi, tidak lagi sama ramainya seperti malam Takbiran seperti biasanya. Mereka tidak sedikit berswafoto ria di depan ikon Jakarta.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00