Gelorakan Semangat Karawitan Melalui Festival Karawitan Banyumasan 2020

KBRN, Banyumas : Dalam rangkaian Hari Jadi Banyumas yang ke-449, Kabupaten Banyumas menyelenggarakan Festival Karawitan Banyumasan 2020 di Pendopo Wakil Bupati Banyumas. Kegiatan berlangsung selama dua hari mulai Sabtu (8/2/2020) hingga Minggu (9/2/2020).

Penanggung jawab Festival Karawitan Banyumasan 2020, Hambarsari Kusmartini mengatakan, tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengangkat seni budaya khususnya karawitan di Kabupaten Banyumas. Peserta festival terdiri dari pelajar baik tingkat SD, SMP dan SMA maupun untuk kategori umum.

"Dengan kegiatan festival ini, diharapkan semua kalangan dapat ikut nguri-uri budaya Banyumas dan turut serta melestarikanya," katanya. Menurut Hambarsari, pihaknya mendapat support yang luar biasa baik dari seniman karawitan, Pemda Banyumas, Dinporabudpar, Dinas Pendidikan, Dinnakerkopukm, dan beberapa Bank di wilayah Banyumas.

Hambarsari mengungkapkan, melalui kegiatan ini semoga karawitan di Banyumas dapat bergelora kembali dan para peserta dapat semakin mengembangkan kreativitasnya agar dunia karawitan di Banyumas dapat menjadi lebih baik.

Para peserta festival bersaing untuk mendapatkan hadiah berupa uang pembinaan dan bingkisan. Selain itu, Festival Karawitan Banyumasan tahun ini merupakan even perdana dimana peserta juga memperebutkan Piala Bergilir Bupati dan Piala Tetap Wakil Bupati Banyumas.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00