Manjakan Mata, View Wisata Pantai Batu Bedaun

KBRN, Sungailiat : Riak kecil kejaran ombak, seiring tiupan angin menerpa siapa pun yang berdiri di hamparan pasir putih pantai Batu Bedaun Sungailiat Kabupaten Bangka.

Sore itu Sabtu (18/1/2020), Pantai Batu Bedaun satu diantara objek wisata di Sungailiat, nyaris tak surut dari para pengunjung apalagi di masa liburan. Tua muda dan anak-anak tergerak menghampiri bibir pantai hanya untuk menyambut hembusan ombak, meski hanya untuk sekedar membuat sepasang kaki itu basah diterpa sisa hempasan air laut.

Berlari kejar mengejar si anak kecil menjadi bentuk permainan anak-anak saat mereka menikmati suasana pantai melepas rasa suka cita, bermain di pantai bersama orang tua mereka. Pemandangan itu berlangsung manakala cuaca cerah hingga meredupnya sang mentari di sore hari.

Sebagai objek wisata alam, suasana Pantai Batu Bedaun terus dibenahi pihak pemerintah daerah Kabupaten Bangka bekerja sama dengan mitranya dan investor. Fasilitas pendukung kini tersedia; resto, kolam renang, pendopo, MCK dan air bersih.

"Sudah beberapa kali lah, dulu kesini belum ada kolam renang, pondok-pondok dan arena mainan anak-anak ini, juga resto itu," kata Dian (23) kepada RRI, Sabtu (18/1/2020)

Adanya perubahan penataan dan penambahan fasilitas pendukung di lokasi pantai Batu Bedaun menurut Dian merupakan langkah strategi dari pengelola wisata yang patut diapresiasi, karena sangat membantu para pengunjung untuk menikmati suasana pantai lebih santai, dalam mengisi masa liburan. Ia pun mengaku cukup senang bila pelayanan semakin ditingkatkan agar wisatawan tertagih untuk kembali berkunjung ke Batu Bedaun.

"Senang saja lah kalau ditambah terus fasilitas pendukungnya. Kalau ada banana boot bagus juga ya, di pantai ini," kata Dian.

Sementara itu, panorama pantai Batu Bedaun baru dirasakan bagi Tetriana (19) yang datang dari Palembang. Bagi dia, mengunjungi pantai dan menikmati suasananya baru kali pertama ia rasakan. Gadis belia itu mengakui selama ini ia hanya melihat pemandangan pantai di internet, tapi ini kali ia rasakan dan lihat sendiri.

"Bagus sih pantainya, kan di Palembang ndak ada pantai. Yang dilihat kan sungai setiap harinya. Kalau sengaja ke pantai ini ya, baru inilah. Enak juga sih lihat laut dari dekat, baguslah," katanya.

Secara geografis Pantai Batu Bedaun berada di Lingkungan Bukit Kuala Sungailiat, kini nampak mulai dilirik para investor. Sejumlah pengusaha wisata mulai membangun tempat wisata seperti hotel, restoran, atau tempat bermain lainnya.

Sebutan Batu Bedaun, karena nampak jelas di seberang pantai berdiri seonggok batu besar menyerupai pulau kecil. Berada di tengah batu itu, tumbuh sebuah pohon rindang, penuh dedaunan. Pantai itu pun kemudian disebut Pantai Batu Bedaun. Awal sebelum dikelola atau belum tersentuh pembangunan, pantai itu sebelumnya dijadikan warga setempat sebagai lokasi memancing atau menjaring ikan.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00