Destinasi Wisata Libur Akhir Tahun ke Puncak Bogor

KBRN, Jakarta : Sekarang sudah 8 Desember 2019, tak terasa nanti sudah 15 Desember, kemudian 20 Desember, menjemput libur Natal 2019 pada 25 Desember 2019. Kabarnya, jika memang diajukan pemerintah lalu disetujui DPR RI, cuti bersama dimulai pada 24 Desember 2019 mendatang. Lantas, setelah libur Natal, satu lagi momen sudah menanti, yaitu Malam Tahun Baru atau dikenal luas dengan malam tutup tahun dari 2019 masuk 1 Januari 2020. Pertanyaannya, mau libur ke mana? 

Kawasan Puncak, Bogor, Jawa Barat, sepertinya bisa menjadi salah satu pilihan libur panjang bersama keluarga, pasangan, sampai dengan teman-teman kuliah dan rekan kerja. 

Sudah dapat tips bagaimana merencanakan liburan ke Puncak Bogor tanpa kena macet, sekarang mari lihat beberapa destinasi wisata alam asri di sana. Karena sekali-sekali nikmati malam pergantian tahun tanpa hingar-bingar kembang api tidak ada salahnya.

Dari berbagai sumber, RRI sudah merangkum beragam tempat wisata alam asri di kawasan Puncak Bogor, yang dijamin dapat membuat kamu semua bisa melepaskan penat sepanjang 2019, demi mendapat semangat baru menyongsong 2020 nanti.

1. Telaga Warna

Siapa bilang cuma kawasan Dieng yang punya telaga warna? Kawasan Puncak Bogor juga punya dong. Posisinya tidak jauh dari jalan utama Bogor-Cianjur, tepatnya di Jalan Raya Puncak - Cianjur, Tugu Utara, Kecamatan Cisarua, Bogor, Jawa Barat.

Telaga Warna Puncak Bogor adalah obyek wisata alam yang berdekatan dengan perkebunan Teh PTP VII Gunung Mas. Dilatar belakangi persawahan dan perkampungan penduduk dengan gunung yang menjulang tinggi, menambah keindahan panorama alam. Konon, Telaga Warna adalah bekas petilasan peninggalan Kerajaan Kutatanggeuhan yang dipimpin Prabu Suarnalaya dan istrinya Permaisuri Purbamanah.

2. Kawasan Wisata Citamiang

Citamiang adalah obyek wisata tepat bagi kamu yang ingin melepas penat dengan menikmati aneka permainan di alam terbuka. Santai bersama keluarga, pasangan, atau teman-teman sembari menikmati udara bersih dan sejuk merupakan penawaran yang tak bisa ditawar lagi di Citamiang, Jalan Ciliwung, Tugu Utara, Kecamatan Cisarua, Bogor, Jawa Barat.

View kebun teh cantik dan pengalaman camping bercengkerama dengan alam dapat membuat badan dan pikiran kembali fresh, sekaligus menguatkan bonding antara satu sama lain. Mau menghilangkan penat? Nuansa Alam Citamiang Cisarua, Bogor, adalah salah satu jawabannya.

3. Curug Kembang Batulayang

Walaupun letak Curug Kembar Batulayang sangat strategis karena searah menuju Puncak Bogor, namun masih banyak yang tidak mengetahui keberadaan curug tersembunyi ini. Mungkin karena minimnya petunjuk arah dan informasi menuju curug membuat lokasi tersebut kurang terekspos. Tapi inilah menariknya kalau kamu ingin melepas penat, yakni butuh tempat yang sepi. 

BACA JUGA: Tips Liburan ke Puncak Tanpa Terjebak Macet

Dulunya, Curug Kembar Batulayang dijuluki Curug Agricon ketika dikelola oleh warga setempat, tetapi sekarang sudah permanen menjadi Curug Kembar Batulayang setelah pindah tangan pengelolaan ke Perum Perhutani KPH 3 Bogor.

4. Penangkaran Rusa Giri Jaya

Di tempat ini kamu bisa melihat rusa dari dekat. Penangkaran rusa ini dikenal dengan nama Wana Wisata Penangkaran Rusa Cariu. Lokasi tepatnya berada di Desa Buanajaya, Kecamatan Tanjungsari, Bogor, bukan di Kecamatan Cariu. Di sini kamu bisa memberi makan rusa secara langsung atau kalau ingin tinggal lebih lama di kawasan ini, wisatawan juga bisa berkemah. Asiknya rame-rame banget guys.

5. Taman Safari Indonesia

Sekali lagi, Bali punya Bedugul, Bogor, Jawa Barat punya Puncak. Dan Pulau Dewata punya Bali Zoo yang tersohor hingga mancanegara, tapi Bogor sudah punya Taman Safari Indonesia sejak lama. Di tempat ini, kamu dijamin tidak akan pernah bosan. Di bagian kebun binatang dari Taman Safari Indonesia, terdapat hewan liar seperti singa, harimau, gajah, jerapah, zebra, dan unta. Di sini, pengunjung dapat masuk ke habitat buatannya hanya dengan menggunakan mobil atau bus khusus.

Pengunjunga juga bisa menikmati wahana permainan seperti kolam renang. Mau memacu adrenalin? Taman Safari Indonesia juga menyediakan tur malam hari, dimana kamu semua bisa tatap muka langsung dengan hewan liar yang jarang terlihat pada siang hari. 

Tapi ingat ya, menjelang tahun baru, banyak beredar di media sosial 'promo' sesat 'free tiket masuk wahana Singa bagi pengunjung yang menggunakan sepeda motor'....ini dijamin cuma lucu-lucuan dan 100% hoax ya guys :)

Nah, sebelum ini kamu sudah dapat tips berlibur ke Puncak tanpa terjebak macet, kemudian sekarang sudah mendapatkan pula rekomendasi 5 (lima) tempat wisata paling luar biasa buat yang punya konsep liburan 'mendekatkan diri dengan alam'. Segera reservasi penginapan dari sekarang, dan buatlah liburanmu menyenangkan tak terlupakan.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00