Pulau Kaget, Destinasi Wisata Wajib Dikunjungi di Kalsel

Pulau Kaget Kalimantan Selatan (Foto: Istimewa)

KBRN, Banjarmasin: Pulau Kaget menjadi salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi pada saat ke Kalimantan Selatan. Suaka Margasatwa ini berlokasi di wilayah Desa Tabunganen Muara, Kecamatan Tabunganen, Kabupaten Barito Kuala.

Pulau ini dikelola oleh Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kalimantan Selatan.

Pulau Kaget merupakan sebuah wilayah berbentuk delta yang letaknya berada di dekat muara Sungai Barito dengan luas lahan sekitar 292,437 hektare.

Untuk dapat menuju ke sana, wisatawan dapat menyewa perahu dari tepi Sungai Barito dengan biaya kurang lebih Rp250 ribu. Perjalanan menuju pulau itu pun hanya memakan waktu kurang lebih 15 menit. 

Menurut masyarakat setempat, ketika wisatawan sampai di pulau tersebut maka akan diberi kejutan oleh suara gemuruh bekantan. Itulah sebabnya penduduk menamainya sebagai Pulau Kaget. 

Keberadaan pulau ini dikelilingi oleh pepohonan khas pantai seperti bakau rambai yang hijau dan subur tempat hidup bekantan.

Mereka makan, tidur, bahkan mengasuh anaknya saat malam hari di pohon ini. Setidaknya terdapat 2.000 bekantan yang mendiami Pulau Kaget.

Jika datang di pagi hari, kemungkinan Anda akan bertemu bekantan besar yang sedang bergelantungan di pohon. Bekantan besar banyak ditemui pada pagi hari, sebab pada siang hari, biasanya bekantan memilih bersembunyi di sarangnya. 

Selagi menjelajahi Pulau Kaget, wisatawan dapat turun dari perahu dan berjalan menikmati pemandangan alam pulau melalui akses jembatan kecil dari bambu yang ada disana.

Apakah Anda tertarik mendatangi Pulau Kaget? 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar