Tren Wisata Alam Indonesia Jadi Edukasi Masyarakat

Ilustrasi tempat wisata di Indonesia, Pulau Raja Ampat (Foto: Istimewa)

KBRN, Jakarta: Wisata alam atau outdoor (luar ruangan) diperkirakan masih akan menjadi tren di kalangan wisatawan pada tahun 2022, khususnya di Indonesia.

Guru Besar IPB University Fakultas Kehutanan dan Lingkungan (Fahutan), Hadi S Alikodra mengatakan, tren wisata alam harus menjadi momentum untuk kebangkitan pariwisata di Indonesia.

"Jangan sampai tidak berkelanjutan, dan itu menjadi high valium hal besar untuk ekonomi NKRI, bahkan, permintaan pariwisata semakin meningkat di dunia ini, termasuk juga pada masyarakat setempat," kata Hadi dalam perbincangan dengan Pro3 RRI, Sabtu (2/7/2022).

Hadi mengatakan, pariwisata di Indonesia harus terus berkelanjutan agar nantinya mengandung makna pendidikan bagi masyarakat yang belum mengetahui sejumlah pariwisata di Indonesia. 

"Artinya kita mengemas pariwisata dan akhirnya kita berkelanjutan, Insyallah kita menuju kesana untuk berkelanjutan kearah yang lebih baik," tutupnya. 

Sebagai informasi, Destinasi ekowisata atau ecotourism semakin populer seiring dengan transisi pandemi ke endemi. Dengan mengusung konsep pariwisata alternatif yang mengutamakan aspek konservasi alam, pemberdayaan masyarakat, serta pembelajaran dan pendidikan, kemajuan ekowisata mendapatkan perhatian besar dari pemerintah.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno pada Mei lalu sempat mengatakan, bahwa ada peningkatan signifikan pada kunjungan desa wisata selama momen libur Lebaran 2022, terutama di desa-desa wisata yang berada di sepanjang jalur mudik.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar