Wagub Sumbar Promosikan Wisata Melalui Komik

Wakil Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Audy Joinaldy (kiri) bersama seniman Piaman Ajo Wayoik. Foto: (Dok. istimewa)

KBRN, Jakarta: Keseriusan Wakil Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Audy Joinaldy untuk mempromosikan pariwisata tidak tanggung-tanggung. Selain menjajal berbagai destinasi dan memotivasi para penggerak wisata, Audy juga menyiapkan promosi melalui komik dengan menggandeng seniman Piaman, Ajo Wayoik. 

"Salah satu daya tarik terkiat kita di Sumbar adalah budaya kita. Tidak semua hal tentang budaya tersebut dapat dipromosikan dalam bentuk foto atau video. Ada yang hanya bisa muncul dalam ungkapan atau percakapan. Nah, agar percakapan tentang keunikan budaya Minang itu bisa menarik, maka kita ciptakanlah komik," sebutnya.

Setelah berdiskusi, maka didapatkanlah satu komik dengan konsep yang bahasanya ringan, lucu, namun mengandung nilai-nilai penting. Dengan terealisasinya komik ini, Audy merupakan wakil guberur pertama di Indonesia yang memiliki sebuah komik yang terbit secara serial. 

"Kita akan luncurkan dalam format stripe comic dulu. Jadi masyarakat bisa melihatnya di media sosial mereka. Nanti, setelah project ini berjalan hingga 50 seri, akan kita bukukan," sebut Audy.

Sementara Ajo Wayoik mengapresiasi semangat Audy untuk menyokong promosi wisata melalui media yang "out of the box" seperti komik. 

"Selain mempromosikan wisata budaya, berarti da Audy (sapaan akrab wagub Audy Joinaldy) juga turut menyokong ekonomi kreatif. Ini relevan pula dengan semangat milenial yang berani merambah media baru dengan fikiran-fikiran yang segar," sebut dosen ISI Padang Panjang dengan nama asli Muhammad Fadhli.

Menurut rencana, komik yang berjudul "Da Audy X Yuang Lala" ini akan dilaunching 24 Juni. 

"Dalam komik ini ada karakter da Audy. Representasi Audy Joinaldy yang periang. Ia juga seorang pejalan dan youtuber yang berteman akrab dengan Yuang Lala. Yuang Lala ini adalah tokoh fiksi, orang luar Sumbar yang jatuh hati dengan potensi daerah ini. Mereka sering jalan ke berbagai sudut kawasan di Sumbar. Berbagai pengalaman dan pengetahuan baru mereka dapatkan dan mereka perbincangkan," katanya.

Bagi masyarakat, dalam dan luar Sumbar, akun instagram, facebook dan twitter yang memuat komik ini akan segera diumumkan. Dan yang pastinya akan terhubung pula dengan akun pribadi Audy Joinaldy. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar