Pesta Kesenian Bali Kembali Digelar, Perdana sejak Pandemi

Gladi persiapan pawai Pesta Kesenian Bali (PKB) ke-44. (Foto: RRI/Ni Nyoman Kasih)

KBRN, Denpasar: Pawai Pesta Kesenian Bali (PKB) akan dibuka Minggu (12/6/2022) pukul 14.00 Wita oleh Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian dan segala persiapan telah dilakukan untuk kelancaran acara. Pantauan RRI di depan Monumen Bajra Shandi pada Minggu pagi menunjukkan sejumlah panggung, termasuk panggung utama sudah siap dengan nuansa warna merah putih.

Pawai PKB kali ini menjadi yang pertama kali digelar secara langsung sejak pandemi melanda dunia dan akan menghadirkan duta dari sembilan kabupaten/kota se-Bali, bersama sejumlah duta dari perguruan tinggi di Bali.

Mengutip dari Buku Agenda PKB ke-44 yang diterbitkan Dinas Kebudayaan Provinsi Bali, disebutkan bahwa penampilan persembahan perdana pawai nanti dari duta Pemerintah Provinsi Bali yang akan menampilkan tari Siwa Nataraja.

Siwa Nataraja menggambarkan manifestasi Siwa (Tuhan) sebagai dewa kesenian yang menciptakan dunia lewat tari. Agama Hindu meyakini bahwa Siwa terus menerus menari sehingga tercipta ritme dan keteraturan dalam kosmos.

Pancaran energi suci Siwa tersebut kemudian menyebar ke seluruh penjuru mata angin membuat dunia bergetar, kemudian menyatu, dan terciptalah alam semesta beserta segala isinya. Siwa Nataraja merupakan spirit kehidupan kesenian masyarakat yang sampai saat ini tetap menjadi ikon PKB.  Pada PKB tahun ini Siwa Nataraja divisualisasikan sebagai danau yang menjadi huluning amreta atau yang memberikan sumber kehidupan bagi seluruh masyarakat Bali.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar