Catat, Tarif Masuk Candi Borobudur Masih Normal

Suasana Pengunjung di Candi Borobudur. Foto: (Antara)

KBRN, Jakarta: PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko (TWC) menegaskan, pihaknya masih menjual untuk tiket masuk saat ini dengan harga normal sebesar Rp50 Ribu dan Rp5 Ribu bagi pelajar.

Hal itu disampaikan Direktur Utama TWC Edy Setijono menanggapi polemik tarif dalam rangka mendukung pembatasan pembukaan akses naik ke Candi Borobudur dengan pengaturan kuota 1.200 kunjungan bagi wisatawan.

"Jadi tiket masuk masih normal. Tiket wisatawan nusantara dewasa/umum Rp50.000, tiket wisatawan nusantara untuk anak/pelajar Rp25.000, tiket wisatawan mancanegara dewasa/umum 25 dolar AS, dan tiket wisatawan mancanegara anak/pelajar 15 dolar AS," kata Edy kepada wartawan, Selasa (7/6/2022). 

Lebih jauh, Edy mengungkapkan, kenaikan harga tiket hanya berlaku bagi wisatawan yang berkeinginan untuk naik bangunan Candi Borobudur. Kebijakan kuota dengan tiket khusus ini akan diterapkan melalui sistem reservasi online. 

"Atas kebijakan kuota tersebut, nantinya akan ada aturan harga khusus, untuk wisatawan nusantara sebesar Rp.750.000. Wisatawan mancanegara 100 dolar AS, dan untuk pelajar (grup study tour sekolah /bukan individual) adalah Rp5.000," jelas Edy.

"Jadi landasannya adalah kepentingan konservasi. Kebijakan kuota ditetapkan dengan jumlah maksimal 1.200 orang per hari yang boleh naik bangunan Candi Borobudur," tambahnya. 

Oleh karenanya, Edy mengungkapkan, PT TWC sedang mempersiapkan standar operasional prosedur (SOP) teknis pelaksanaannya dan akan berkoordinasi dengan Balai Konservasi Borobudur (BKB).

"Sehingga, SOP ini diharapkan bisa meningkatkan kualitas layanan kepada wisatawan. Keputusan tersebut akan dilaksanakan setelah SOP teknis sudah siap," pungkas Edy.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar