Ketupat Lebaran 2022 Digelar di Setu Babakan

Panggung utama kegiatan Ketupat Lebaran 2022 di Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan, Jagakarsa, Jakarta Selatan, Sabtu (4/6/2022). (Deni Muhtarudin/RRI).jpeg
Workshop Budaya Betawi Gambang Kromong di Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan, Jagakarsa, Jakarta Selatan, Sabtu (4/6/2022). (foto: Deni Muhtarudin/RRI)

KBRN, Jakarta: Kegiatan Ketupat Lebaran 2022 digelar Unit Pengelola Kawasan Perkampungan Budaya Betawi (UPK PBB) di area Setu Babakan, Jagakarsa, Jakarta Selatan, tepatnya di area Rumah Makan Betawi Kampung Budaya Betawi.

Dalam kegiatan ini diperkenalkan budaya Betawi kepada masyarakat setelah pandemi COVID-19 melanda dunia selama dua tahun terakhir.

Kegiatan tersebut digelar Kegiatan yang digelar berkat kerja sama UPK PBB dengan Suku Dinas Perdagangan, Perindustrian, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Sudin PPKUKM) Jakarta Selatan itu akan diselenggarakan selama dua hari, yakni pada 4 Juni 2022 dan 5 Juni 2022.

Berdasarkan pantauan RRI di lokasi, ada sekitar 30 tenda UKM yang disediakan untuk menjajakan kuliner-kuliner khas betawi, mulai dari Laksa, Gado-gado, Kerak Telor dan juga Bir Pletok.

Selain kuliner, ada juga tenda-tenda kerajinan tangan, seperti kerajinan boneka ondel-ondel, baju khas betawi dan lain sebagainya.

Selain pameran UKM, pada Sabtu 4 Juni 2022 ini diselenggarakan juga workshop musik khas betawi Gambang Kromong dan Qasidah, workshop kriya yakni merajut dan menganyam ketupat, Tari Betawi serta penampilan Ondel-ondel.

Sementara pada Minggu 5 Juni 2022 besok, akan ada juga kegiatan diskusi Ngaji Budaya dengan tema ‘Tradisi Lebaran Masyarakat Betawi’ yang menghadirkan narasumber Yoyo Muchtar dan Yahya Saputra.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar