'Branding' Baru, Jakarta Hajatan dengan Ragam Kolaborasi

Ilustrasi perayaan HUT DKI Jakarta. (Foto: Istimewa)

KBRN, Jakarta: Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta Marullah Matali membeberkan rencana perayaan Hari Ulang Tahun atau HUT DKI Jakarta bertajuk "Jakarta Hajatan ke-495."

Acara ulang tahun Ibu Kota ini akan digelar selama satu bulan dimulai, dari 24 Mei-25 Juni 2022.

“Jakarta Hajatan hadir sebagai branding baru untuk HUT DKI Jakarta pada tahun 2022. Branding ini bersifat berkelanjutan dari tahun ke tahun pada setiap perayaan HUT Jakarta,” ungkap Marullah di Balairung, Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, Senin (23/5/2022).

Menurut Maullah, kata ‘Hajatan’ memiliki makna celebrate atau selebrasi yang kental dengan nuansa Indonesia.

"Seperti misalnya resepsi, selametan dan sejenisnya akan sebuah pencapaian. Selain itu, Jakarta Hajatan juga akan membawa tema Kolaborasi, Akselerasi, Elevasi," kata dia. 

Hadirnya tema tersebut, kata dia, merupakan pesan optimisme sekaligus bukti untuk seluruh elemen di kota maupun di dunia atas ragam usaha yang sedang atau akan terus di lakukan di Jakarta ke depan. 

“Sekaligus juga merefleksikan kembali semangat kolaborasi yang sudah didengungkan selama hampir lima tahun belakangan ini,” tutur dia.

Selain itu, Marullah berujar, semangat kolaborasi juga merupakan identitas kota Jakarta, yang sering disebut sebagai City of Collaboration.  Yang merupakan semangat untuk mendorong pertumbuhan guna menghadapi ragam isu global ini yang disebut sebagai akselerasi.

“Dan untuk mewujudkan visi mengangkat warga maupun kota di tingkat global atau yang disebut elevasi. Pembukaan acara pada 24 Mei," kata dia.

Rangkaian perayaan HUT DKI Jakarta itu akan dibuka dengan pencanangan Jakarta Hajatan ke-495 atau Opening Ceremony Jakarta 495 Anniversarry Celebration and Digital Nomad Island Launching.

Pembukaan tersebut akan digelar di Pulau Bidadari, Kepulauan Seribu, pada 24 Mei 2022.

"Acara akan diisi dengan diskusi Jakarta Hajatan ke-495 dan Digital Nomad Island bersama tokoh publik dunia," kata dia.

Tapi, Marullah belum dapat menyampaikan siapa saja tokoh dunia yang akan hadir.

“Mudah-mudahan surprise, besok ada juga tokoh dari digital nomad island yang akan tampil.”

Dalam acara tersebut, direncanakan akan dihadir langsung oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, termasuk dengan anggota ahli dari Wolrd Bank, regional director C40 Southeast Asia and Oceania, serta pelaku digital nomad ternama di Indonesia.

“Acara pembuka dapat dilaksanakan atau disaksikan melalui channel CNN serta siaran langsung YouTube Pemprov DKI Jakarta pada 24 Mei mulai pukul 08.00 WIB,” tutur Marullah.

Rangkaian Acara

Rangkaian acara Jakarta Hajatan ke-495 juga diisi dengan berbagai kegiatan. Beberapa kegiatan tersebut antara lain upacara ziarah taman makam pahlawan yang jadwalnya akan disampaikan menyusul, upacara peringatan HUT ke-495 Kota Jakarta, Sidang Paripurna DPRD, Jakarta Concert di Taman Ismail Marzuki (TIM), dan pekan kolaborasi daerah.

Selain itu, gelaran Formula E juga masuk dalam rangkaian perayaan Jakarta Hajatan ke-495, plus Jakarta Award, dan malam resepsi serta pagelaran. 

“Perayaan lainnya ada Aktivasi Mural Wilayah, pertunjukan musik, pameran dan seterusnya,” ujar Marullah.

Dan di akhir, Jakarta Hajatan ke-495 akan ditutup dengan closing ceremony bersamaan dengan grand launching Jakarta International Stadium (JIS), pada 25 Juni 2022. 

“Direncanakan berbagai penyanyi ternama di Indonesia akan mengisi acara tersebut dan hadir serta turut menyemarakannya," kata Marullah.

Dia juga menyatakan, seluruh rangkaian Jakarta Hataran ke-495 akan melibatkan berbagai lapisan masyarakat.

"Sebagai kolaborator, serta tamu-tahun undangan mancanegara," ujar dia.

Untuk informasi lebih lanjut, masyarakat dapat melihat informasi seluruh rangkaian acara Jakarta Hajatan ke-495 dengan memanfaatkan media sosial Instagram, alamatnya adalah @JakartaHajatan. 

“Itu sebagai media utama promosi serta situs resmi dengan mengaktifkan laman Jakarta Hajatan dalam situs resmi Plus Jakarta,” kata Marullah.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar