FOKUS: #PPKM

Taneyan Lanjhang, Hunian Khas Madura

Taneyan Lanjhang adalah struktur khas hunian masyarakat Madura. Frasa tersebut terdiri dari dua suku kata yaitu Taneyan dan Lanjhang. Kata Taneyan memiliki arti halaman dan Lanjhang memiliki arti panjang, sehingga kalau dipahami secara utuh memilki arti halaman yang panjang. (Foto: Purnama/RRI) 

KBRN, Pamekasan: Taneyan Lanjhang adalah struktur khas hunian masyarakat Madura.

Frasa tersebut terdiri dari dua suku kata yaitu Taneyan dan Lanjhang. 

Kata Taneyan memiliki arti halaman dan Lanjhang memiliki arti panjang, sehingga kalau dipahami secara utuh memilki arti halaman yang panjang. 

Dusun Buddagan I, Desa Larangan Luar, Kecamatan Larangan, Kabupaten Pamekasan, adalah salah satu wilayah yang sampai ini masih mempertahankan pola hunian Taneyan Lanjhang. 

"Taneyan Lanjhang ini adalah salah satu budaya Madura yang sampai saat ini masih bertahan, hunian khas masyarakat Madura ini mengutamakan keeratan keluarga," ucapnya Ketua Pokdarwis Taneyan Lanjhang, Adi Bahri, Sabtu (29/1/2022). 

Di sepanjang Taneyan Lanjhang itu terdiri dari beberapa struktur bangunan.

"Di Taneyan Lanjhang itu terdiri dari rumah, musala, dapur dan kandang hewan ternak, yang kemudian menjadi ciri khasnya," kata Adi. 

Menurut Adi, yang tinggal di taneyan lanjhang itu masih ada hubungan keluarga. 

Saat ini pola hunian taneyan lanjhang menjadi destinasi wisata bagi masyarakat di Indonesia maupun dari luar negeri. 

"Harapan kami dengan menjadi salah satu destinasi wisata, hunian taneyan lanjhang tetap ada dan bisa meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar," pungkasnya. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar