Tingkat Kunjungan Wisata Balekambang Menurun

KBRN, Malang: Tingkat kunjungan objek wisata pantai Balekambang, Kabupaten Malang turun drastis selama libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2022.

Plt Direktur Utama Perusahaan Daerah (PD) Jasa Yasa, Husnul Hakim Syadad mengatakan dibandingkan libur Nataru sebelum pandemi, tingkat kunjungan objek wisata Balekambang turun 60 persen pada momen libur Nataru.

Padahal, lanjutnya, pada momen libur Nataru sebelum pandemi covid-19, tingkat kunjungan bisa mencapai 100 persen dari kapasitas objek wisata yaitu 20 ribu orang. 

"Namun selama libur Nataru di tengah pandemi ini wisatawan yang berkunjung ke Balekambang hanya 40 persen dari total kapasitas objek wisata," kata Husnul kepada RRI, Minggu (2/1/2022). 

Menurutnya, pada libur tahun baru 2022 ini dalam sehari hanya mencapai maksimal 4 ribu pengunjung, sebab memang masih dibatasi dan penerapan protokol kesehatan (prokes) ketat untuk mencegah sebaran virus. 

Bahkan, katanya, pada malam tahun baru, obyek wisata Balekambang sempat ditutup sementara pada sore hingga malam, untuk membatasi wisatawan.

Ia menjelaskan paling banyak tingkat kunjungan pada 1 Januari 2022 mencapai 4 ribu wisatawan.

"Kalau pada libur Natal tanggal 25 Desember 2021 lalu saja dalam sehari hanya ada seribu pengunjung, total. Selama libur Nataru hanya ada sekitar 7-8 ribu pengunjung saja, " tambahnya. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar