FOKUS: #PPKM

Tahun Baru, Nelayan Alih Profesi Menyewakan Perahu

Hari kedua libur tahun baru 2022 kawasan wisata Kaur masih dipadati para wisatawan. Seperti Pantai Pengubaian, Kecamatan Kaur Selatan hampir seribu pengunjung memadati kawasan tersebut untuk menghabiskan masa liburan. Memanfaatkan ramainya para wisatawan, beberapa nelayan yang biasanya menyandarkan perahunya di kawasan pantai tersebut beralih profesi. Jika sehari-harinya mereka mencari ikan, pada libur tahun baru ini para nelayan tersebut menyewakan perahu kepada wisatawan untuk keperluan wisata laut. (Rohil Minata/RRI)

KBRN, Bintuhan: Hari kedua libur tahun baru 2022 kawasan wisata Kaur masih dipadati para wisatawan.

Seperti Pantai Pengubaian, Kecamatan Kaur Selatan hampir seribu pengunjung memadati kawasan tersebut untuk menghabiskan masa liburan.

Wisata yang menyajikan keindahan pantai dan wisata bahari ini banyak menarik minat masyarakat.

Memanfaatkan ramainya para wisatawan, beberapa nelayan yang biasanya menyandarkan perahunya di kawasan pantai tersebut beralih profesi.

Jika sehari-harinya mereka mencari ikan, pada libur tahun baru ini para nelayan tersebut menyewakan perahu kepada wisatawan untuk keperluan wisata laut.

Basarudin, salah satunya, dari pagi hingga sore hari menjajakan perahunya mengajak para wisatawan berkeliling di laut sambil menikmati pemandangan pantai Pengubaian.

Tak ayal, ratusan ribu hingga jutaan rupiah diperolehnya selama libur tahun baru.

" Alhamdulillah, pengunjung ramai jadi kami bisa memanfaatkan perahu untuk disewakan kepada mereka. Menambah perekonomian keluarga," paparnya kepada RRI.co.id di Bintuhan, Minggu (02/01/2022).

Basarudin menambahkan, harapannya ke depan, wisata laut di wilayahnya dapat terus berkembang dan makin banyak dikunjungi wisatawan.

Sehingga, disamping mencari ikan sebagai nelayan, dia dan rekan-rekannya dapat menyewakan perahu untuk wisatawan.

Akan tetapi, dia berpesan kepada pengunjung, supaya tidak membuang sampah sembarangan, yang nantinya mengotori laut sekitar tempat wisata.

"Terutama sampah plastik jangan asal dibuang ke laut, nanti bisa merusak habitat yang ada. Sehingga akan mengurangi hasil tangkapan saat mencari ikan," tutupnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar