Menikmati Kopi Langsung dari Kebunnya

KBRN, Takengon : Tidak lengkap rasanya jika pergi ke Takengon, Kabupaten Aceh Tengah tanpa menikmati keindahan wisata dan mencoba nikmatnya kopi negeri dataran tinggi.

Di wilayah yang terkenal dengan daerah penghasil kopi, menawarkan sejuta keindahan alam dan banyak lokasi yang sudah disulap menjadi objek wisata, salah satunya Galeri Kopi yang berada di kawasan Pegasing, Kabupaten Aceh Tengah, Aceh.

Memang tampak berbeda konsep dengan warung kopi seperti biasanya. Anda bisa langsung menikmati hangatnya seduhan kopi di tengah hawa sejuk, langsung dari kebunnya. 

Galeri kopi menawarkan berbagai menu dan cita rasa kopi, yang menjadi andalan adalah salah satunya sanger espresso. 

Anda bisa berkunjung ke Galeri Kopi dari pagi pukul 10.00 WIB hingga malam hari. Saban hari kedai kopi ini dikunjungi oleh masyarakat setempat maupun para wisatawan yang berkunjung ke kota  berhawa sejuk.  

Lokasi Galeri Kopi hanya berjarak sekitar 10 kilometer dari pusat perkotaan Takengon, Aceh Tengah. Atau menempuh waktu perjalanan sekitar 15 menit.  

Pengelola Galeri Kopi tampaknya sengaja menawarkan konsep alami, tidak ada meja khusus atau tempat duduk sofa di sini. Namun pengunjung bisa menikmati sensasi ngopi di kebun kopi di atas gubuk yang dibuat dari kayu berbentuk rumah panggung setinggi dua meter.  

Pengunjung di sini bisa duduk lesehan sambil menikmati kopi dataran tinggi Gayo dan sejumlah menu makanan. Di tengah-tengah kebun terdapat sebuah bangunan semacam bar dan beberapa karyawan yang tengah sibuk meracik kopi dan berbabagai menu pesanan.          

Salah satu pengunjung Sterli mengatakan, baru kali pertama pengalamannya menikmati secangkir kopi di kebun kopi.  

“Memang sensasinya beda, biasanya kalau ngopi di warung kopi gtu suasananya ramai dengan lalu lalang kendaraan dan hiruk pikuk suasana perkotaan," ujar Sterli wisatawan asal Medan, Rabu (8/12/2021). 

"Namun di sini kita dapat menikmati sensasi berbeda, di tengah kebun kopi kita bisa menikmati kopi dengan suasana sejuk di tengah kebun, jauh dari hiruk pikuk suasana kota,” ungkapnya. 

Pemilik galeri kopi Sahru mengungkapkan, kedai kopi yang dikelolanya itu mulai dibuka sejak tahun 2016. 

"Di Galeri Kopi para penikmat kopi bisa menemukan sensasi bagaimana cita rasa kopi yang sesungguhnya," katanya. 

Menurutnya, galeri kopi kini menjadi salah satu objek wisata yang ramai dikunjungi baik itu wisatawan lokal maupun yang berasal dari luar daerah. 

"Biasanya wisatan ramai datang pada saat weekend," ujarnya. 

Namun para pengunjung tetap diminta untuk taat protokol kesehatan karena pandemi belum berakhir.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar