Tingkatkan Kunjungan, Objek Wisata Benteng Wolio Ditata

Penataan Benteng Wolio dibagi Dua Zona(Dok.Dispar Baubau)

KBRN, Baubau: Pemerintah Kota Baubau bakal menata ulang kawasan Benteng Wolio menjadi lebih menarik dalam rangka meningkatkan kunjungan wisatawan. Penataan dimaksud tidak menghilangkan keaslian objek wisata bersejarah itu. 

Sebagai tahap awal, Dinas Pariwisata (Dispar) Kota Baubau bekerjasama dengan Universitas Haluoleo(UHO) tengah menyusun dokumen rencana detail daya tarik wisata strategis kawasan Benteng Keraton Wolio dan sekitarnya. 

Kepala Dispar Baubau, Idrus Taufik Saidi mengungkapkan dalam dokumen tersebut nantinya penataan objek wisata Benteng Keraton Wolio dibagi dua zona yaitu zona inti dan zona penunjang. 

Fecky sapaan akrab Idrus Taufik Saidi mengatakan zona inti dimaksud yaitu penataan di dalam kawasan Benteng sedangkan zona penunjang berada dikawasan luar sekitar Benteng. 

"Untuk zona penunjang contohnya sisi timur Benteng terdapat kali, itu akan kita manfaatkan. Rencana disampingnya akan dibuat tempat kuliner, menara pandang, dan pinggiran kali juga akan dikelola sehingga menambah daya tarik bagi wisatawan,"tutur Fecky kepada rri.co.id ditemui diruang kerjanya, Senin (15/11/2021). 

Menurut Fecky, penataan ulang kawasan Benteng Wolio juga sebagai upaya pemerintah daerah menjaga dan merawat peninggalan leluhur. Apalagi saat ini Benteng Wolio sedang diupayakan mendapat pengakuan UNESCO sebagai cagar budaya warisan dunia. 

Lebih lanjut dibalik rencana besar itu kata Fecky, termasuk didalamnya supaya pengelolaan Benteng Wolio dapat melibatkan masyarakat yang bermukim di dalam Benteng sebagai bentuk pemberdayaan. Temasuk agar memberi manfaat bagi penggiat wisata dan juga daerah dari sisi pendapatan asli daerah(PAD). 

"Sehingga kita berharap agar ini terwujud ada konsistensi baik itu kebijakan regulasi maupun anggaran sebagai bentuk komitmen bahwa Benteng Wolio harus terjaga marwahnya,"ujar Fecky. 

Karena itu dirinya berharap, pasca disusunnya dokumen tersebut, segera juga digodok peraturan daerah(Perda) untuk menetapkan Benteng Wolio sebagai kawasan khusus. Dengan demikian, Perda itu akan menjadi patron dalam penataan kawasan Benteng Wolio kedepan. 

Untuk diketahui penataan Zona Inti berdasarkan dokumen rencana detail daya tarik wisata strategis kawasan Benteng Keraton Wolio mencakup beberapa item yaitu penataan zona penerimaan, zona wisata kampung tradisional, wisata budaya, wisata religius, wisata pendidikan dan wisata kreatif. 

Kemudian, penataan zona penunjang meliputi penataan zona wisata kreatif, wisata sungai, wisata ruang terbuka hijau dan wisata kuliner. Adapun dalam penataan zona wisata kuliner termasuk didalamnya akan dibuat gereta gantung yang menghubungkan Benteng Wolio dengan Benteng Sorawolio.

Disamping itu, untuk memudahkan wisatawan yang berkunjug dalam rencana penataan itu akan disiapkan fasilitas umum meliputi mushola, tempat parkir, pos jaga, toilet, anjungan tunai mandiri (ATM) dan puskesmas. Kemudian untuk fasilitas pariwisata akan disediakan gazebo, homestay, pusat informasi pariwisata, pusat souvenir, dan pusat kuliner. (imr)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar