Jip Tour Kubu Gadang, Adrenalin 'Diobok-obok'

Foto: (dok. IST)

KBRN, Padang Panjang: Dunia pariwisata Sumatera Barat (Sumbar) memang tidak pernah sepi dari kreatifitas penggeraknya. Apalagi jika terkait dengan pengembangan paket wisata yang dapat dinikmati pengunjung. 

Salah satu contoh terbaru adalah paket wisata "Jip Tour" yang dipromosikan oleh Desa Wisata Kubu Gadang yang ada di Kota Padang Panjang. 

Dinamakan jip tour, karena memang kendaraan yang akan digunakan dalam paket ini adalah jenis jip.

"Kami merancang paket wisata tour dari Kubu Gadang ke sejumlah titik lain di sekitarnya yang notabene punya jalur menantang. Tapi Insya Allah kami tetap mengedepankan keselamatan wisatawan tentunya," kata Yuliza Zen, pendiri desa Wisata Kubu Gadang. 

Diterangkannya, paket satu ini adalah hasil kerjasama antara pihaknya dengan club Malanyah Padang Panjang. 

"Club Malanyah sudah sangat lama berkecimpung dalam bidang offroad. Selain memiliki armada-armada yang tangguh, club ini juga memiliki Sumber Daya manusia yang sudah sangat berpengalaman di banyak iven," sebutnya. 

Beruntung, yang pertama turut menjajal paket baru ini adalah tim Satuan Tenaga Konselor (SANAK) Kepariwisataan Sumbar.

Tim ini kebetulan memang tengah melaksanakan pendampingan terhadap desa wisata Kubu Gadang ketika paket jip tour pertama diperkenalkan. 

"Kami beruntung diberi kesempatan untuk menjajal paket istimewa ini dari Kubu Gadang menuju Puncak Payo Rapuih dan perkebunan buah naga di Ladang Laweh Tanah Datar," kata Ady Kurniawan, salah seorang anggota tim SANAK. 

Diceritakannya, perjalanan yang dilakukan memakan waktu lebih dari setengah jam. 

"Ada sensasi yang sulit digambarkan dengan kata-kata. Kami naik jip, sampai ke atapnya. Pemandangan lepas, udara sejuk, dan keramahan penduduk di sepanjang jalan menjadi pesona tersendiri," sebutnya. 

Yang menantang adrenalin adalah ketika jip mendaki track yang terjal. 

"Jalur yang ditempuh memang sudah diaspal dengan baik. Tapi tikungan di pendakian-pendakian yang dilewati memang betul-betul memacu adrenalin. Di situ kami sangat mengapresiasi kelihaian driver dari tim Malanyah," sebut Pendiri Green Talao Park ini. 

Atlet Beladiri-pun Kembang-kempis

Sementara Yahdi Kurniawan, pentolan Wisata Alam Kapalo Banda Taram yang juga anggota tim SANAK mengaku sangat tertantang setelah menjabani paket ini. 

Ia kerap merasa cemas sekaligus takjub, padahal sebagai seorang atlet beladiri, Yahdi tentu punya adrenalin yang kuat. 

"Adrenalin rasanya diobok-obok. Tiap pendakian menawarkan pesona pemandangan lembah hijau dan sawah-sawah, tapi juga cukup berbahaya sepertinya. Tapi inilah sensasi yang menarik itu," kata Yahdi.

Yahdi berharap, paket ini segera dirilis untuk memancing niat wisatawan, khususnya kalangan muda yang suka tantangan. 

"Desa Wisata Kubu Gadang beruntung karena di Padang Panjang ada klub hebat seperti Malanyah," sebutnya. 

Menurut Yahdi, selain puncak Payo Rapuih, pengalaman mengunjungi kawasan agro Buah Naga di Ladang Laweh juga sangat menarik. 

"Jadi, ini semacam penggabungan yang menarik antara adventure dan pertanian. Ini akan sangat diminati," katanya. (rilis)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar