Roma Bakal Hadirkan Taksi Terbang Untuk Traveler

Foto: ist

KBRN, Jakarta: Traveler yang berlibur ke Roma mulai 2024 dapat menaiki taksi terbang.

Mengutip CNN, Minggu (31/10/20210), sebuah startup bernama Volcopter ingin menjadikan Bandara Fiumicino sebagai situs perintis untuk taksi terbang. 

Transportasi ini memiliki dua tempat duduk dengan menggunakan tenaga baterai yang sedang dikembangkan.

Infrastruktur ini memungkinkan operasi lepas landas dan mendarat vertikal listrik (eVTOL) di Roma dan area lain di negara tersebut. Ibukota Italia ini menjadi salah satu kota pertama di Eropa yang berkomitmen membangun operasi taksi udara listrik dalam waktu dekat.

CEO Aeroporti di Roma, Marco Troncone mengatakan, perjalanan dengan satu pesawat yang lepas lepas landas dan mendarat secara vertikal akan memakan waktu sekitar 15 menit. 

Jika dibandingkan, mobil memakan waktu 45 menit atau lebih. Biaya awal perjalanan akan mencapai 150 euro atau sekitar 2,5 juta. Namun, kemungkinan harga akan turun.

Start up yang didirikan pada tahun 2011 ini pun berharap mendapat lisensi penerbangan komersial dari European Aviation Safety Agency (EASA) dalam waktu tiga tahun dan kemudian mulai beroperasi.

Roma sendiri dipandang sebagai kota Eropa ketiga yang paling cocok untuk operasional taksi terbang setelah Paris, di mana volcopter berharap memiliki layanan yang beroperasi untuk Olimpiade 2024.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar