Ini Gua Terindah di Indonesia, Ayo Jelajahi!

Foto: GarasiJogja

KBRN, Cirebon: Di Indonesia kita bisa menemukan banyak sekali wisata alam menarik. Jika bosan berkunjung ke pantai atau gunung serta ingin liburan yang lebih menantang, cobalah untuk menjelajahi gua.

Di Indonesia sendiri kita bisa menemukan banyak sekali gua dengan pemandangan cantik.

Berikut beberapa gua indah di Indonesia yang bisa kita kunjungi.

1. Gua Jomblang

Berlokasi di Gunungkidul, Gua Jomblang memiliki keindahan yang luar biasa. Karena terkenal dengan keindahannya tersebut, bahkan gua ini pernah dijadikan lokasi syuting dari Amazing Race Amerika. Terbentuk akibat proses geologi, Gua Jomblang terbentang dari perbukitan karst pesisir selatan yang memanjang dari Gombong Jawa Timur hingga kawasan karst Pegunungan Sewu, Pacitan. Bertipe collapse doline, ekosistem di dalam Gua Jomblang tercipta dari vegetasi di atas tanah yang runtuh ke dasar bumi pada ribuan tahun yang lalu.

2. Gua Surupan

Gua yang satu ini menjadi salah satu tempat favorit bagi para peneliti dan pecinta alam dari dalam maupun luar negeri.

Berlokasi di kawasan karst Gombong Selatan. Gua Surupan manjadi satu dari 100 gua yang bisa dikunjungi.

Menelusuri tempat ini, kita akan melihat berbagai macam keindahan alam berupa stalaktit dan stalakmit dengan berbagai bentuk. Selain itu, keindahan di dalam gua pun semakin sempurna dengan adanya ornamen-ornamen di dinding.

Jangan kaget, saat memasuki bagian dalamnya, karena nanti kita akan bertemu dengan beberapa hewan seperti kelelawar, srewiti, udang, lawet, kura-kura hingga pelus. Hal yang membuat gua indah di Indonesia ini berbeda dengan gua lainnya adalah adanya sungai bawah tanah dengan aliran yang cukup deras.

Sungai tersebut mengalir dari Bukit Gadung dan melalui pedesaan untuk kemudian sampai di Gua Surupan. Jadi, kita perlu berhati-hati jika berkunjung ke Gua Surupan saat musim hujan karena berpotensi banjir.

3. Gua Jatijajar

Gua yang satu ini juga sangat populer sebagai salah satu objek wisata alam di kawasan Kebumen, Jawa Tengah. Terbentuk dari batuan kapur, Gua Jatijajar memilki stalaktit dan stalakmit yang tercipta secara alami. Ada beberapa versi dari terbentuknya Gua Jatijajar sendiri.

Pertama, diceritakan kalau dulu pada tahun 1802, ada seorang petani yang merupakan pemilik tanah bernama Jayamenawi.

Hal tersebut karena adanya dua pohon jati yang berdampingan di mulut gua. Kita tidak perlu repot-repot atau bersusah payah untuk menelusuri Gua Jatijajar karena bagian dalamnya sudah banyak diperbaiki dan memiliki banyak fasilitas bagi para pengunjung yang datang.

4. Gua Maharani

Kabupaten Lamongan, Jawa Timur, bukan hanya terkenal dengan kuliner sotonya, tapi juga pahatan perut buminya alias gua.

Keindahan stalakmit dan stalaktit di gua ini kabarnya sampai disandingkan dengan Gua Altamira di Spanyol, Gua Mamonth di Amerika Serikat, dan Gua Carlsbad di Prancis.

5. Gua Buniayu

Di Jawa Barat, tepatnya di Sukabumi, juga ada wisata susur gua di Gua Buniayu. Masyarakat sekitar menyebut gua ini sebagai Gua Cipicung. Sedangkan nama "buniayu" sendiri berasal dari kata buni yang berarti tersembunyi dan ayu yang berarti cantik. Gua ini pernah menjadi lokasi syuting film legendaris Si Buta Dari Gua Hantu.

6. Gua Batu Cermin

Kalau sedang wisata di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur, jangan lupa melakukan wisata susur gua, salah satunya di Gua Batu Cermin. Dulunya gua ini terendam air laut, namun begitu surut gua ini bisa dijejaki.

Pahatan bebatuan yang menjadi celah masuk sinar matahari menjadi pemandangan utama di objek wisata alam ini. Stalakmit dan stalaktit di sini juga tak kalah megah dengan gua-gua yang ada di Pulau Jawa.

Ada sekitar 268 gua di taman nasional ini yang siap dijelajahi turis. Sekitar 50 gua merupakan peninggalan prasejarah. (Sumber : berbagai sumber)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar