Pengunjung Wisata Guci, Berburu Umbi Ganyong

KBRN, Slawi: Sejak kawasan wisata Guci kembali dibuka awal September Lalu, setiap akhir pekan kawasan wisata di kaki lereng Gunung Slamet, wilayah Kabupaten Tegal, ramai dikunjungi wisatawan dari luar daerah dan lokal. 

Seperti akhir pekan ini, sejak Sabtu (16/10/2021) hingga Minggu (17/10/2021) pengunjung dari luar daerah selalu datang untuk menikmati panorama alam Guci, serta hangatnya air yang dapat menyembuhkan berbagai penyakit, apalagi air hangat yang mengalir dari Gunung Slamet tanpa mengandung belerang. 

Selain menikmati keindahan alam dan aiir hangat yang sudah dikenal oleh pengunjung wisata dari berbagai daerah, sebagian pengunjung juga berburu oleh-oleh berupa umbi ganyong.

Selain enak, umbi ganyong juga dipercaya dapat menyembuhkan penyakit lambung. 

"Umbi ganyong, selain, murah juga kaya protein," ungkap Hamid (43) salah satu pengunjung asal Klampok Kabupaten Brebes.

Sementara itu Iroh (44) salah satu penjual oleh-oleh makanan tradisional Umbi Ganyong di pasar wisata Guci menyebutkan, setiap akhir pekan umbi ganyong yang dijual sekitar satu karung, dan sudah dikemas dengan kantong kresek.

"Untuk satu plastik kresek Rp10 ribu," ungkapnya.

Iroh menyatakan, umbi gayong yang dijual dilapak dagangannya bukan hanya diminati oleh pengunjung dari lokal saja, namun pengunjung dari luar daerah.

"Terutama dari Jakarta juga sering berburu umbi gayong ini," ujarnya. (AR) 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00