Menikmati Kota Lama Semarang di Akhir Pekan

KBRN, Semarang: Kota Lama sebagai ikon pariwisata Semarang mulai diserbu pengunjung di akhir pekan, Sabtu (16/10/2021).

Sejak pagi, ratusan pengunjung memadati taman Sri Gunting menikmati arsitektur Kota Lama yang lekat dengan nuansa bangunan peninggalan kolonial Belanda.

Nuansa itu membuat para wisatawan memanfaatkan sudut bangunan untuk berfoto ria.

Para penyedia jasa foto pun dapat bernafas lega dengan mendulang banyak rupiah. Terlebih di akhir pekan, seperti Wiwin yang mengatakan pendapatannya naik drastis. 

"Sudah lumayan, kalau Sabtu-Minggu bisa dapat Rp500 ribu sampai Rp700 ribu dalam sehari," kata dia ketika ditemui rri.co.id, Sabtu (16/10/2021)

Menurut dia, mayoritas pengguna jasanya berasal dari luar kota. Tak jarang, sejak pagi buta hingga tenggelamnya sang surya, ia pun berlomba bersama puluhan penyedia jasa foto lain untuk menawarkan spot terbaik. 

​​​

Tak ada patokan tarif untuk tiap foto yang diabadikan. Pengunjung memberikan imbalan sukarela bagi mereka yang mengais rezeki dari fotografi. 

"Jasanya sukarela, kalau rombongan nggak mematok harga. Dan itupun, rata-rata pengunjung dari luar kota," ujarnya.

Sementara itu, Shabrina wisatawan asal Bekasi yang baru kali pertama menginjakan kaki di Kota Lama menilai kawasan bersejarah di Semarang itu menawarkan pengalaman baru. 

"Menarik aja salah satu destinasi wisata bersejarah di Semarang ini. Estitika sama arsitektur bangunan mengingatkan untuk ingin kembali," terangnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00