Satgas Covid-19: Tempat Wisata Wajib Protkes Ketat

Jubir Satgas Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito Beri Keterangan Pers di Kantor Presiden pada Kamis (06/05/21). Dok : Biro Pers Setpres

KBRN, Jakarta: Meski membuka izin beroperasinya tempat wisata saat pelarangan mudik Lebaran 2021, pemerintah menginstruksikan agar betul-betul menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

"Tempat wisata yang buka saat Hari Raya Idul Fitri diwajibkan memberlakukan protokol kesehatan yang ketat," ujar Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito dalam konferensi pers seperti yang ditayangkan Youtube Sekretariat Presiden, Kamis (06/05/21). 

Wiku mengingatkan, pengelola tempat wisata untuk memberlakukan jam operasional serta membatasi jumlah pengunjung agar tidak terjadi kerumunan pengunjung. Hal itu dikarenakan, kerumunan pengunjung di tempat wisata sangat berpotensi menimbulkan penyebaran Covid-19. 

"Satgas (Covid-19) di daerah juga akan mengawasi dan akan mengambil tindakan yang tegas apabila ditemukan pelanggaran terhadap protokol kesehatan," jelas Wiku.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy menjelaskan, tempat wisata lokal dibolehkan tetap beroperasi di saat larangan mudik, sebagai upaya pemerintah menyeimbangkan situasi ekonomi.

"Jadi kita cari titik optimumnya. Optimum Pareto. Jadi jangan sampai ketika salah satunya baik, tapi kebaikannya menggerus yang lain. Dengan demikian kita harapkan nadi ekonomi akan terus berdenyut," ujar Muhadjir dalam siaran pers pada akhir April lalu.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00