Pantai Ini Sebenarnya Indah

Kondisi Pantai Sodong (Foto: rri.co.id/Robin Abdulrahman

KBRN, Cilacap: Wisatawan berkunjung ke Pantai Sodong, Kecamatan Adipala, Kabupaten Cilacap, Provinsi Jawa Tengah, mengeluhkan kondisi pantai yang terkenal indah itu, kotor penuh dengan sampah. 

Salah satu wisatawan dari Sidareja, Cilacap, Valen mengatakan, sampah dalam bentuk plastik, batok kelapa muda, kayu, dan bambu berserakan di sepanjang pantai itu, mengangu pemandangan.

“Sebenarnya pantai bagus banget, tapi ini banyak banget sampahnya,” kata Valen ditemui sekitar pantai, Kamis ( 8/4/2021). 

Valen menilai, Pantai Sodong sangat indah, terutama saat pagi dan sore. Selain air lautnya yang biru, pantai yang menghadap langsung ke Samudra Hindia itu memiliki pesona tersendiri karena di lokasi cekungan dan di bawah Bukit Selok. 

Untuk itu, ia meminta, agar pengelola membersihkan sampah tersebut.

Sementara itu, juru parkir Pantai Sodong Kirun mengatakan, pengelola, pedagang, dan masyarakat sekitar Pantai Sodong sebenarnya telah rutin membersihkan sampah. 

Namun, di tengah cuaca hujan hingga banjir membuat sungai yang mengalir ke pantai selatan membawa sampah terbawa ombak dan berserakan di sepanjang pantai. 

“Sebenarnya setiap hari dilakukan pembersihan sampah, tapi kalau banjir dan atau pasang banyak lagi sampahnya,” kata Kirun.

Untuk diketahui, Pantai Sodong selain mempunyai pemandangan yang bagus, juga banyak pohon rimbun di sekitar pantai.

Terutama cemara laut, yang berada di kanan kiri menuju ke pantai. 

Selain itu, terdapat sejumlah gua yang berada di bawah bukit Selok, dijadikan sebagai tempat untuk menyepi dari dunia luar.  

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00