Cara Mudah Checkin Online Pesawat Citilink

Pesawat citilink saat flight (Foto: Istimewa)

KBRN, Jakarta: Siapa yang tidak kenal dengan Citilink? Maskapai penerbangan yang dikenal bertarif rendah ini sering kali menjadi pilihan masyarakat untuk melakukan perjalanan. Meskipun harga tiketnya terbilang rendah, tetapi fasilitas yang ditawarkan tetap yang terbaik. Bahkan, Citilink adalah maskapai penerbangan pertama di Asia Pasifik yang menawarkan sambungan internet. Mereka menawarkan sambungan internet atau yang biasa disebut Wi-Fi 35.000 kaki di atas permukaan tanah secara gratis. Fitur ini menggunakan GX System Aviation.

Tidak hanya itu saja, Citilink selalu memprioritaskan kepuasan para pelanggannya. Tak heran jika maskapai penerbangan ini telah mengantongi banyak penghargaan. Segala fasilitas yang memudahkan pelanggan akan disediakan oleh Citilink. Untuk memudahkan pelanggan, maskapai ini juga menyediakan kebutuhan tiket secara online. Anda dapat mencari tiket pesawatnya secara daring. Selain itu, maskapai ini juga sudah menyediakan kebutuhan checkin secara online. Mungkin beberapa orang masih asing terkait fasilitas ini. Lantas, bagaimana cara cek hingga checkin tiket pesawat Traveloka?

Checkin online Citilink bisa dilakukan dengan beberapa cara. Seperti melalui website resmi atau aplikasinya. Checkin secara online hanya dapat dilakukan jika tiket pesawat berstatus confirmed, tidak memiliki tunggakan pembayaran, atau sudah terbayar penuh. Website dan aplikasi akan dibuka mulai dari waktu pembelian, sampai sekitar 2 jam 30 menit sebelum waktu keberangkatan pesawat. Untuk melakukan proses validasi, dibutuhkan kode booking yang berupa enam digit kode, dan nama terakhir penumpang yang tertera pada tiket.

Fasilitas ini tentu akan mempermudah para penumpang. Namun, meskipun tidak perlu antre, tetapi para penumpang tetap harus berada di ruang tunggu sekitar 40 menit sebelum waktu keberangkatan pesawat. Peraturan ini juga sudah tertera pada boarding pass. Checkin online Citilink ini hanya berlaku untuk pernerbangan domestik saja, tidak berlaku untuk penerbangan internasional.

Lantas, bagaimana cara checkin online Citilink? Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan.

Check-in Melalui Website

  1. Dalam prosesnya, proses melakukan check-in melalui pesawat terbang Citilink dapat dilakukan dengan beberapa cara, salah satunya melalui laman resminya. Berikut ini penjabarannya.
  2. Siapkanlah tiket pesawat yang berisi enam digit kode, serta sesuai dengan nama penumpang.
  3. Masuklah ke laman resmi Citilink: https://book.citilink.co.id/searchwebcheckin.aspx
  4. Jika sudah berhasil, masukkan enam digit kode pemesanan tiket, dan nama belakang penumpang yang tertera pada tiket di kolom yang sudah tersedia.
  5. Klik bagian “Find Booking”
  6. Selanjutnya, klik bagian “Check in”. Pada bagian ini, jangan lupa untuk mencentang kolom tersebut. Kemudian pilih bagian “Continue”.
  7. Centang atau klik bagian konfirmasi yang menyatakan bahwa Anda sudah membaca, serta memahami segala informasi keamanan yang diberikan. Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, ada baiknya jika Anda membaca dan memahami informasi tersebut terlebih dahulu.
  8. Jika sudah paham, klik bagian “Continue”.
  9. Jika sudah berhasil, klik lagi bagian “Check in Now”.
  10. Setelah berhasil, akan muncul halaman yang memuat boarding pass, yang didalamnya tertera tempat duduk yang sudah dipilih acak oleh sistem.
  11. Boarding pass ini wajib dicetak saat hari keberangkatan tiba.                                                                                                          

Check-in Melalui Apilkasi

Sama seperti proses check-in secara online melalui website, check-in pesawat terbang Citilink juga dapat dilakukan dengan sangat mudah. Berikut ini pembahasan setiap langkahnya.

  1. Sebelum melakukannya, pastikan Anda sudah mengunduh aplikasi Citilink.
  2. Buka aplikasi Citilink.
  3. Masukkanlah kode booking tiket atau nomor konfirmasi.
  4. Selanjutnya, masukkan alamat surel dan nama belakang yang tertera pada tiket.
  5. Jika sudah, klik bagian “Find My Booking”.
  6. Bacalah dengan teliti semua ketentuannya. Kemudian klik bagian “Next”.
  7. Pada bagian ini, pastikan nama penumpang yang tertera sudah sesuai. Kemudian klik bagian tanda centang, dan klik lagi bagian “Selesai”.
  8. Jika sudah terakses, maka proses checkin telah berhasil. Langkah selanjutnya adalah Anda harus mengakses E-Boarding Pass.
  9. Pilihlah nama penumpang, kemudian klik tanda panah untuk menghasilkan E-Boarding Pass.
  10. Cetaklah E-Boarding Pass saat hari keberangkatan, atau Anda juga dapat meng-scan-nya pada alat yang sudah disediakan di bandara.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar