Ketua-MK Mengenakan Kain Batik Sidomulyo, Ini Maknanya

Kain batik motif Sidomulyo yang dikenakan pengantin Idayati dan Ketua MK Anwar Usman miliki makna mendalam. (Foto: istimewa)

KBRN, Jakarta: Adik Presiden Joko Widodo (Jokowi) Idayati menikah dengan Ketua Mahkamah Konstitusi Anwar Usman, Kamis (26/5/2022). 

Keduanya mengenakan kain batik Sidomukti. Pengantin mengenakan kain batik berwarna krem terang. Idayati memadukan kain batik dengan kebaya warna krem lebih muda. Hijab dan selendang brokat menghiasi kepalanya.

Adapun, terdapat makna dari kain motif Sidomulyo.

Kain motif Sidomulyo memiliki bentuk geometris serupa bidak-bidak persegi. Masing-masing bidak dapat berisi motif kupu-kupu, garuda, atau pohon.

Makna yang terkandung dalam batik Sidomulyo ini memang cukup dalam. Nama sidomulyo sendiri berarti menjadi mulia diambil dari kata 'sido' yang artinya menjadi dan 'mulyo' yang artinya mulia.

Dengan kata lain, batik Sidomulyo ini memiliki makna agar orang yang mengenakannya bisa mendapatkan hidup bahagia, sejahtera dan berlimpah rezeki.

Kemuliaan hidup yang terkandung dalam filosofi batik Sidomulyo itu hanya dapat dicapai apabila manusia mampu mengendalikan empat nafsu yang dimiliki manusia, yakni amarah, lawwamah, supiyah dan mutmainah.

Pandangan akan kemuliaan dan mengendalikan nafsu ini sesuai dengan ajaran Jawa untuk menentukan keberadaan dalam sistem ruang dan waktu membentuk kesatuan.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar